Headline News

Jumat, 25 Maret 2016

Peringatan BLA ke 70

Bandung, SIBER - Setelah malam sebelumnya ribuan pelajar SMP dan SMA se-Kota Bandung melakukan long march pawai obor sepanjang 10 kilometer dari lapangan Tegalega sampai Plaza Balai Kota Bandung dibawah guyuran rintik hujan dengan antusias untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api.


Pagi ini para pelajar tersebut dengan khidmat mengikuti prosesi upacara peringatan Peristiwa Bandung lautan Api (BLA) yang ke-70 bersama para veteran, TNI, POLRI, PNS Kota Bandung, Karang Taruna, Linmas dan komunitas, di Lapangan Tegalega, Jl. Astana Anyar, Kamis (24/03/2016).


Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil menekan tombol sirine selama beberapa saat untuk mengheningkan cipta mengenang jasa para pahlawan, setelah sebelumnya dilakukan prosesi penaikan bendera merah putih oleh Paskibraka Kota Bandung yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya saat menjadi Inspektur upacara peringatan tersebut.


Upacara tersebut dihadiri pula oleh para pejuang dan pelaku peristiwa Bandung Lautan Api yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bandung, anggota DPRD Kota Bandung, para pejabat publik, sesepuh, guru, alim ulama dan tokoh masyarakat Kota Bandung.


Dikatakan Ridwan, "Peristiwa ini merupakan simbol kesetiaan warga Kota Bandung terhadap Republik Indonesia, dalam sejarah di republik ini tidak ada masyarakat yang begitu berkorban dan besarnya harga yang harus dibayar untuk memperjuangkan tegaknya NKRI,"


Perjuangan belumlah usai karena memperjuangkan martabat bangsa masih belum selesai dikatakan Ridwan, "Tidak ada pilihan kecuali mengokohkan pondasi bangunan bangsa ini dengan menggali potensi-potensi yang dimiliki di segala bidang, saya titip pada para pelajar kejarlah cita-citamu dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas untuk membangun Bandung Juara,"


Ridwan menyemangati jika perjuangan saat kemerdekaan dengan mengangkat senjata maka perjuangan saat ini adalah merealisasikan gagasan-gagasan untuk membangun Bandung Juara, "Dengan menunjukan prestasi kita itulah cara terbaik menghormati para pendahulu pejuang kita," katanya.


Dalam kesempatan tersebut Ridwan memberikan santunan bantuan dana kesehatan kepada para veteran, pemberian hadiah juara pawai obor dan penyematan secara simbolis piagam penghargaan Satyalancana Karya Satya Presiden Republik Indonesia kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.


Peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tanggal 24 Maret 1946 merupakan fakta sejarah yang mengukuhkan Bandung simbol kota terhadap perlawanan imperialisme juga menyiratkan betapa kemerdekaan bangsa Indonesia bukan diperoleh secara cuma-cuma atau hadiah dari bangsa penjajah, tetapi dilalui dengan pengorbanan jiwa dan harta benda yang tak terhingga.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT