Headline News

1 April 2016

Walikota Bandung Lantik Forum Pemantau Independen Pembangunan Zona Integritas

Bandung, SIBER - Dalam rangka mencegah tindakan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, Walikota Bandung Ridwan Kamil melantik Forum Pemantau Independen Pembangunan Zona Integritas di Auditorium Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Jumat (01/04/2016).

Tim ini memiliki fungsi seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namun untuk level kota saja.

"Alhamdulillah, satu mimpi reformasi kota Bandung sudah berjalan, yaitu membentuk KPK versi kota. Tetapi KPK versi ini tidak mempunyai cantolan hukum nya, oleh karena itu kita memberikan nama forum pemantau zona integritas," Jelas Ridwan.

Forum ini akan memiliki fungsi yaitu pencegahan dan pendidikan antikorupsi tetapi tidak ada penindakan karena tidak ada payung hukum nya. Tim ini juga akan diberikan akses ke instansi-instansi untuk membuka data dan menerima laporan masyarakat soal adanya dugaan tindak pidana korupsi sama seperti KPK.

"Nantinya tim akan rutin setiap bulan melaporkan hasilnya ke Walikota, Inspektorat maupun pihak aparat hukum" tandas Ridwan.

Forum Pemantau Independen Pembangunan Zona Integritas akan diisi oleh Indonesia Corruption Watch (ICW), Transparency International, Akademisi dari Unpad, jurnalis dan komunitas.

"Korupsi merupakan masalah besar, hanya Bandung memiliki hal sistematis, semoga ini menjadi contoh buat kota-kota lain nya bahwa pemberantasan korupsi kita sangat serius," terangnya.

Dengan adanya forum pemantau ini diharapkan dapat menguatkan pengawasan terhadap aparatur maupun Inspektorat Pemerintah Kota Bandung.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT