Headline News

4 Agustus 2016

Ridwan Kamil Hadiri MCC dan Rakornas TPID

Bandung, - Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil menjadi narasumber diskusi dengan delegasi MCC di Kantor Millennium Challenge Account (MCA) Indonesia, Gedung MR 21 Lantai 11, Jalan Menteng Raya No.21 Jakarta, Kamis (04/08/2016).

Agenda diskusi "Bandung Urban Infrastructure Project" tersebut dihadiri Deputy Vice President Infrastructure, Environment, Private Sector (IEPS) and Acting First Deputy Vice President (Head of Delegation), Jonathan Nash untuk membahas tentang modernisasi sistem pengadaan barang dan jasa di pemerintahan, serta asistensi skema kerjasama Publik Private Partnership (Kemitraan Pemerintah Swasta).

Millennium Challenge Corporation (MCC) merupakan perwakilan dari Pemerintah Amerika Serikat untuk mengelola dana hibah US$ 600 juta atau setara Rp 5,7 triliun untuk diberikan kepada pemerintah Indonesia melalui berbagai program.

Dikatakan Ridwan urgensi mengadopsi sistem PPP, sistem tersebut sudah dilakukan oleh negara-negara maju, karenanya negara-negara itu pun saat ini sudah berkembang dengan cepat menjadi negara maju,

"Pembangunan infrastruktur di semua daerah Indonesia saat ini masih sangat lambat dibandingkan negara-negara lainnya, karena masih menggunakan sistem lama yang konvensional, bugdet pemerintah kota sangat kecil sekali akan sangat lama untuk membangun kota seperti yang diharapkan,"

Terkait tawaran modernisasi sistem pengadaan barang dan jasa dengan standar internasional kerjasama MCC, Ridwan menyambut baik, "Kita harus memastikan budget yang diberikan dengan yang dibelanjakan harus betul-betul sesuai dengan tujuan dari program pembangunan, tanpa pengadaan yang transparan kita dapati pembangunan tidak progresif tapi uang habis tidak sesuai ekspektasi,

Dengan sistem pengadaan barang dan jasa standar internasional, Ridwan berharap menjadi yang terdepan, reputasi kota yang transparan, reputasi kota yang betul-betul belanjanya sesuai dengan tujuan pembangunan, dengan sistem teknologi ini menjamin keberhasilan pembangunan dengan akselerasi yang cepat,"

RAKORNAS VII TPID

Sebelum acara diskusi tersebut, Ridwan menyempatkan diri untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional VII Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2016, di Balai Pertemuan Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 86 Jakarta

Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Gubernur Bank Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan Republik Indonesia, untuk memperkuat sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah guna mempercepat pembangunan infrastruktur dan pembenahan tata niaga pangan.

dibahas dalam rapat koordinasi tersebut dua isu, pertama percepatan pemerataan pertumbuhan ekonomi daerah yang berbasis sumber daya alam untuk mencapai manusia sejahtera yang inklusif dengan menjaga stabilitas harga dan kedua membangun Indonesia dari daerah berbasis sumber daya manusia (percepatan infrastruktur, perbaikan tata niaga, dan Reformasi Birokrasi).

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT