Headline News

Rabu, 02 November 2016

Keterbukaan Informasi, KIM Dibutuhkan Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan, maka perlu dilaksanakan dan dikembangkan dalam elemen masyarakat yaitu suatu kelompok untuk memberikan informasi yang tepat dan menyeluruh. 

"Salah satu upaya ke arah tersebut yaitu adanya Kelompok Informasi Masyarakat. Di era globalisasi saat ini, komunikasi dan informasi yang cepat, tepat dan transparan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. untuk membuka akses bagi keterbukaan informasi, maka pemerintah perlu menjamin salahsatunya dengan dibentuknya Kelompok Informasi Masyarakat"ujar Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dalam sambutannya di Kegiatan Saresehan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Bojongloa Kaler di Auditorium Kantor Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung, Rabu (2/11/2016). 

Lanjut nya, Kelompok informasi masyarakat (KIM) adalah kelompok sosial masyarakat yang secara realitas muncul dalam komunitas kehidupan atau kumpulan individu yang mempunyai kesamaan tujuan dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

"Masyarakat perlu diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri dan  untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi." Jelas oded. 

Oded menambahkan, kelompok tersebut didalamnya merupakan bagian dari sebuah perkembangan kota bandung,

"KIM dibentuk salah satunya dari pilar pembangunan kota bandung yaitu inovasi, kolaborasi dan disentralisasi. Nah KIM ini merupakan inovasi yang dimilki kota bandung untuk memberikan infomasi kepada warga yang khususnya ada di kecamatan bojongloa kaler," ujar oded. 

Oded berharap, dengan adanya KiM di setiap kewilayahan bisa memberikan informasi yang akurat tentang perkembangan kota bandung,

"maka dari itu, jika ada warga bojongloa yang ingin memberikan informasi atau masukan, silahkan hubungi KIM, insya allah apa yang kita lakukan untuk kemajuan kota ini bisa menjadi manfaat bagi kita semua," pungkas oded. 

Selain itu menurut camat Bojongloa Kaler Emin Wihatmaputra menyampaikan,  dengan kesenjangan informasi antar komunitas dan masyarakat menyebabkan ketidaklancaran informasi dari masyarakat ke pemerintah dan sebaliknya. untuk itu diperlukan kelompok informasi masyarakat  (KIM) yang mampu berperan dalam peningkatan akses informasi tersebut pada masyarakat dan pemerintah,

"Tugas dan fungsi  keberadaan kelompok informasi masyarakat (KIM) adalah sebagai penyerap informasi dari masyarakat dan dari pemerintah serta mengolah informasi sebagai bahan masukan berbagai pihak," jelas Emin. 

Lanjut ia menyampaikan, tentunya informasi yang berkembang melalui KIM adalah informasi yang nyata dan dapat diandalkan akurasinya,

"jika informasi yang diberikan kim akurat maka warga bojongloa pun mempunyai informasi di wilayahnya. Informasi yang di dapat bisa seputar lingkungan, kebersihan dan gagasan ataupun masukan dari warga," ujarnya. 

Dengan begitu, KIM diharapkan bisa terus maju dan memberikan informasi kepada warga di kewilayahan, 

"maka dari itu, berita yang disampaikan kepada masyarakat bisa dirasakan sebagai sumber informasi dan dokumentasi. Mudah mudahan kedepannya KIM lebih baik dan berkembang,"pungkas Emih

Dalam Kegiatan tersebut dirangkaikan bersama perayaan HJKB Ke-206 di Kecamatan Bojongloa Kaler dengan Gebyar Bazaar WUB, Pelayanan Jemput Pemohon Akta Kelahiran, serta Pelayanan KB Gratis dan syukuran menuju pensiunnya Camat Bojongloa Kaler tanggal 1 Desember 2016.    

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT