Headline News

12 Maret 2017

Yossi: Jadikan Bandung Kota Sehat 2020

Bandung, - Kesehatan merupakan salah satu komponen dasar kebutuhan masyarakat. Warga yang sehat adalah cermin dari bangsa yang kuat. Maka dari itu, pemerintah perlu mendorong masyarakat untuk terus menjaga kesehatan.

Alasan itulah yang mendorong pemerintah Kecamatan Batununggal untuk menyelenggarakan Jalan Santai dan Senam Bersama TP PKK Kelurahan Gumuruh bekerja sama dengan berbagai stakeholder pemerintahan. Acara tersebut dihadiri oleh puluhan kader PKK dan unsur masyarakat lainnya, seperti Tim Gorong-gorong dan Kebersihan (Gober) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Batununggal, Minggu (12/3/2017).

Sejak pukul 06.00 pagi masyarakat telah berduyun-duyun datang ke lokasi kegiatan. Diawali dengan jalan sehat, warga yang menggunakan kaus merah secara antusias mengikuti acara. Jalan sehat dengan rute pendek itu berakhir lagi di Kantor Kecamatan Batununggal sekitar pukul 07.45.

Warga lalu mengikuti senam bersama yang dipimpin oleh seorang instruktur. Wajah-wajah bahagia terpancar karena gerakan-gerakan senam dibuat sederhana dan menghibur.

Melihat antusiasme warga, Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto yang hadir dalam kesempatan itu mengaku turut bahagia. Kegiatan yang positif itu sangat ia dukung.

"Kegiatan seperti ini perlu ditumbuhkembangkan, sejalan dengan visi pemerintah kota di bidang kesehatan, yakni menjadikan Bandung di tahun 2020 menjadi Kota Sehat," ucap Yossi saat ditemui di sela-sela kegiatan senam sehat.

Pemerintah kota sedang gencar mensosialisasikan berbagai kampanye kesehatan di masyarakat, seperti gerakan kebersihan, sanitasi, dan pentingnya pola hidup sehat. Berbagai program juga dilaksanakan untuk mendorong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, seperti Ojek Makanan Balita (OMABA), Ambulans motor, dan sebagainya. Ada pula fasilitas pusat informasi, seperti call center 119 dan situs peduli kesehatan wecare.id

KKegiatn jalan sehat dan senam bersama ini, dikatakan Yossi, juga sebagai salah satu bentuk upaya dan gerakan bersama untuk memberikan kesadaran pentinya hidup sehat.

"Yang penting itu sehatnya. Masyarakat harus sehat, karena masyarakat yang sehat simbol generasi yang kuat," katanya.

Menurutnya, selain untuk mempromosikan gaya hidup sehat, acara ini juga bermanfaat untuk menyambung tali silaturahim. "Baik silaturahim antara pemimpin dengan rakyatnya maupun silaturahim antar warga sendiri," imbuhnya.

Sebagaimana yang diungkapkan Camat Batununggal Enjang Mulyana, ia sering menemukan warganya memperoleh dampak positif lain dari kegiatan olahraga rutin, antara lain berkembangnya wawasan dan interaksi sosial warga.

"Warga yang habis senam biasanya tidak langsung pulang, tapi ngerumpi dulu. Dari situ lalu ada pertukaran informasi dan hadirlah gagasan atau kegiatan positif lainnya," tutur Enjang.

Oleh karena itu, ia sangat mendukung jika warga senang dengan kegiatan semacam ini. Apalagi, olahraga ini bisa dikatakan murah meriah.

"Kegiatannya kan mudah dilakukan dan murah. Makanya ayo kita sering-sering berolahraga baik senam maupun jalan sehat," seru Camat.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT