Headline News

2 Juni 2018

bank bjb Dukung Tata Kelola Lingkungan Melalui IKBI

Jakarta, SiBer -- bank bjb yang tergabung dalam kelompok the First Movers on Sustainable Banking yaitu delapan bank nasional yang mewakili 46 persen aset perbankan Indonesia bersama WWF Indonesia mengumumkan terbentuknya Inisiatif Keuangan Berkelanjutan lndonesia (IKBI).

Hal ini merupakan wujud nyata komitmen perbankan Indonesia dalam menerapkan praktik keuangan berkelanjutan yang inklusif pada sektor jasa keuangan.

Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan mengatakan kedelapan bank dalam kelompok 'First Movers' itu akan memperoleh bimbingan terkait implementasi manajemen risiko lingkungan hidup dan tata kelola dari lembaga nirlaba WWF yang sangat fokus terhadap antisipasi perubahan iklim.

“Ini langkah nyata industri perbankan untuk mendukung tata kelola lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Ahmad Irfan, dalam keterangannya, Jumat (01/06/2018).

Penandatanganan komitmen ini dilakukan oleh delapan bank dan WWF di Jakarta, pada Kamis, 31 Mei 2018.

Beberapa keluaran dari proyek rintisan ini termasuk perbaikan kebijakan dan Standar Prosedur Operasi (Standard operating Procedure/SOP) pada masing-masing bank serta perbaikan kualitas pembiayaan khususnya pada sektor usaha yang memiliki risiko lingkungan hidup dan sosial yang tinggi.

IKBI diharapkan berfungsi sebagai sarana bertukar pengalaman, sarana belajar antar pelaku industri jasa keuangan (IJK) sekaligus meluaskan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan kepada IJK. Sebagaimana First Movers, IKBI bertujuan menguatkan kelembagaan, khususnya pada bidang manajemen risiko lingkungan hidup, sosial dan tata kelola.

Inisiatif ini juga dibangun untuk berkontribusi sekaligus menangkap peluang bisnis terhadap upaya pembangunan ekonomi Indonesia yang memiliki ketahanan terhadap perubahan iklim dan berkontribusi langsung pada upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Nantinya, program tahun pertama IKBI akan berorientasi pada peningkatan portofolio hijau yang berkualitas dengan fokus pengembangan proyek pilot bersama para anggota, mitra strategis lainnya dan regulator.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus WWF Indonesia, Kemal Stamboel menyebutkan perbankan merupakan salah satu sektor jasa keuangan yang bisa berperan aktif dalam mewujudkan praktik-praktik berkelanjutan yang prolingkungan.

Sektor jasa keuangan juga tidak hanya berperan kunci dalam mendorong para nasabahnya menerapkan transformasi praktik berkelanjutan, mereka juga mampu menghidupkan kesejahteraan masyarakat terdampak dari suatu pembiayaan.

"Industri jasa keuangan perlu menetapkan skala prioritas dalam membangun suatu kebijakan sektoral yang berpengaruh mendorong kinerja keberlanjutan nasabahnya. Disamping itu, pengembangan model bisnis baru yang inovatif dan kolaboratif perlu menjadi urgensi program IKBI," ujarnya. ***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT