Headline News

Selasa, 28 Januari 2020

Cara Sederhana Cegah Virus Corona di Rumah dan Sekolah

Bandung, SIBER - Sampai saat ini, virus Novel Corona masih menjadi kekhawatiran banyak orang. Tak terkecuali bagi orang tua yang khawatir terhadap kesehatan buah hatinya, termasuk saat di sekolah.
Merangkum dari laman resmi World Health Organization (WHO), virus corona atau Coronaviruses (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah, seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV).
Sedangkan Coronavirus novel (nCoV) yang kini terjadi di Kota Wuhan, Cina merupakan jenis virus corona baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus tersebut dideteksi bisa menular antarmanusia.
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Wiendra Waworunto menyatakan bahwa masyarakat tetap waspada, namun tidak perlu cemas.
"Masyarakat, khususnya orang tua tidak perlu cemas dan panik, namun tetap waspada. Yang paling penting, persiapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Mulai dari mencuci tangan memakai sabun, menggunakan masker serta periksa ke rumah sakit terdekat jika panas badan di atas 38 derajat, apalagi jika disertai batuk, pilek, dan sukar bernapas," tuturnya seperti dilansir dari edukasi.kompas.com.
PHBS dapat diterapkan melalui langkah-langkah berikut:
1. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air besih yang mengalir sebelum dan setelah beraktivitas. Seperti, setelah batuk, sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan, setelah ke toilet, setelah kontak dengan hewan.
2. Gunakan masker saat batuk dan pilek, baik saat ke rumah sakit atau berada di dekat orang yang sakit.
3. Hindari mengonsumsi makanan kurang matang, seperti daging mentah atau tidak matang sempurna, telur setengah matang, daun-daun segar yang tak dicuci dengan baik.
4. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, yakni dengan komposisi, karbohidrat, protein, sayur, dan buah.
5. Rutin olahraga, terkena sinar matahari pagi, dan istirahat cukup.
6. Bila mengalami demam, batuk, dan pilek disertai sesak nafas, segera datangi rumah sakit atau fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
7. Bila memiliki hewan peliharaan, pastikan hewan mendapatkan vaksinasi dan dijaga kebersihannya.
Untuk mendukung PHBS, orang tua dan pihak sekolah perlu menyediakan peralatan kebersihan yang memadai. Seperti, sumber air bersih, sabun cuci tangan antibakteri, tisu sekali pakai untuk mengeringkan tangan, dan handsanitazer.
Pastikan pula peralatan makan dan mainan terjaga kebersihannya. Ruang kelas maupun rumah harus rutin dibersihkan serta mendapatkan ventilasi yang cukup, termasuk tidak menumpuk sampah di area sekolah dan rumah.
Tak hanya langkah pencegahan virus, PHBS juga merupakan langkah awal agar anak tak terjangkit penyakit lainnya.
Virus corona dapat dicegah dengan kondisi badan sehat dan imunitas yang baik. Selain itu, berperilaku hidup bersih dan sehat menjadi hal utama guna mencegah terjadinya penularan 2019-nCoV.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT