Headline News

Kamis, 16 Januari 2020

Pasca, Ditulis Terpisah atau Digabung?

Bandung, SIBER - Pada Analisis Bahasa kali ini, kami akan membahas penggunaan kata pasca dan penjelasannya. Apakah penulisan kata pasca harus ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya atau tidak?
Dalam perkembangannya, bahasa Indonesia terus mengalami perubahan. Perubahan tersebut antara lain berupa penambahan kata-kata baru, baik dari bahasa daerah maupun bahasa asing. Selain berupa kosakata, penambahan itu dapat berupa unsur terikat, misalnya unsur terikat pasca. Unsur terikat ini berasal dari bahasa Sanskerta dan dalam bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai pembentuk kata atau istilah baru. 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pasca bermakna sesudah. Sebagai bentuk terikat, penulisan pasca digabung dengan unsur yang menyertainya. 
Misal: pas·ca·sar·ja·na (berhubungan dengan tingkat pendidikan atau pengetahuan sesudah sarjana).
Contoh kalimat: Dia menerima gelar pascasarjana sastra Inggris dari Universitas Indonesia.
Nah, sekarang kalian sudah paham ya bagaimana penggunaan kata pasca yang tepat.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT