Headline News

Kamis, 06 Februari 2020

Definisi Persentase


Bandung, SIBERMeskipun sehari-hari kita menggunakan bahasa Indonesia, baik dalam bentuk tulisan maupun ucapan, namun masih banyak kata yang kerap salah kita ucap atau tulis. Bahkan, kesalahan tersebut sering diulang-ulang dan terus terbawa dalam bentuk tulisan maupun percakapan sehari-hari. Hingga akhirnya kita bingung, bagaimana sebenarnya penulisan dan pelafalan yang benar.

Dalam Analisis Bahasa kali ini, kita akan membahas bagaimana penulisan kata yang benar, persentasi atau persentase? Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang benar adalah persentase. Definisi/arti kata persentase adalah sebagai berikut:
Persentase/per·sen·ta·se/ /pers√©ntase/ n 1 bagian dari keutuhan yang dinyatakan dengan persen; 2 bagian yang diperkirakan; 3 angka persen (perseratus).
Contoh: Pada jalur zonasi PPDB, persentase 90% dibagi menjadi tiga kategori. 
Nah, sekarang kita tahu bahwa pelafalan dan penulisan yang benar adalah persentase. Mulai saat ini, yuk kita biasakan menggunakan kata atau bahasa sesuai kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD) dan merujuk pada KBBI!*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT