Headline News

Selasa, 10 Maret 2020

Dewi Sartika : Siswa Juara Harus Mampu Kembangkan Diri

Bandung, SIBER - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika berpesan kepada siswa yang mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMA/MA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2020 agar mampu mengembangkan diri dan memperlihatkan kiprah untuk terus maju dan menjadi juara.
"Keikutsertaan siswa akan memacu semangat serta motivasi agar mereka bisa memperlihatkan dan meningkatkan kiprah untuk terus maju dan menjadi siswa juara," tutur Kadisdik, dalam upacara pembukaan KSN jenjang SMA/MA yang dibuka di Lapangan SMKN 3 Bandung, Jln. Solontongan No.10, Kota Bandung, Selasa (10/3/2020).
Kadisdik menegaskan, menjadi siswa juara bukan sekadar pintar dan mendapat prestasi, melainkan memiliki kebiasaan-kebiasaan baik untuk menjadi juara. Seperti, rajin belajar dengan cerdas dan tuntas dalam mengikuti pembelajaran serta rajin bertanya.
"Setelah banyak bertanya, siswa harus banyak mencoba dan menghasilkan banyak karya. Mohon kepada guru untuk menggugah anak untuk bertanya guna memperkuat critical thinking siswa," imbaunya.
Meski berkompetisi secara individual, namun Kadisdik menekankan kepada siswa untuk menyebarkan semangat kebersamaan. "Saling tukarkan semangat. Satu sama lain harus saling membesarkan. Tiap-tiap anak punya keahlian maka harus punya rasa kepedulian satu sama lain," paparnya.
Setelah mengikuti seleksi, Kadisdik berpesan kepada siswa yang berhasil lolos ke tingkat provinsi untuk bisa bekerja sama secara tim. Ia meyakini, kerja sama tim yang terjalin akan meningkatkan daya kreasi dan kreativitas siswa. "Buat tim, membangun sesuatu tidak dilakukan oleh individu, tapi dilakukan dalam sebuah tim," pungkasnya.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT