Headline News

19 April 2020

Pemprov Jabar Mulai Salurkan Bantuan Warga Kota Bandung Terdampak Covid-19

Bandung, SIBER - Sebanyak 4.668 Warga Kota Bandung mulai mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebelum Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bantuan sosial (Bansos) itu berupa uang tunai dan pangan senilai Rp500.000 per Kepala Keluarga selama 3 bulan.

Rinciannya, bantuan tunai sebesar Rp150.000 dan Rp350.000 dalam bentuk 10 kilogram beras, 1 kilogram terigu, 1 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng dan 2 kilogram telur. Bantuan akan diberikan tiga kali yaitu bulan April, Mei, dan Juni.

Penyaluran bantuan Pempov Jabar itu berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia serta ojek online di Kantor Pos Sentral Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Minggu (19/4/2020).

Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil menyampaikan, distribusi bantuan tersebut dilakukan menggunakan jasa ojek berbasis aplikasi daring atau ojek online (ojol) dan pegawai Kantor Pos.

"Kali ini kita lakukan pengecekan serta persiapan untuk mengantarkan bantuan ini kepada warga Bandung," bebernya.

Sedangkan Ketua Satgas Kantor SPP PT Pos Kota Bandung, Burhanudin menyampaikan, pendistribusian itu kuotanya berjumlah 4.668.

"Ini akan distribusikan kepada penerima yang berhak. Kami akan mencacah sesuai dengan tahap sasaran. Kami kordinasi dengan camat, lurah RT dan RW untuk memeriksa apakah yang bersangkutan itu ada atau tidak sesuai dengan alamatnya," kata Burhanudin.

"Bantuannya berupa beras, terigu, gula, minyak goreng, telor dan uang tunai,"jelasnya.

Burhanudin menjelaskan, polanya menggunakan jasa ojek berbasis aplikasi daring atau ojek online dan pegawai Kantor Pos. Para pengantar bantuan dari PT Pos berjumlah 138 orang dan dari Ojol 20 orang.

"Jadi dari Bulog, barangnya ditaruh di Kantor Pos, dari Kantor Pos dikirim oleh ojek online dan pegawai Pos, sampai ke rumah-rumah sesuai data,"jelasnya.

"Satu motor itu maksimal 3 paket bantuan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa diterima dan dimanfaatkan oleh warga Bandung," katanya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, Eric M. Attauriq mengucapkan terima kasih atas bantuan yang akan disalurkan kepada warga Bandung itu. Ia akui dengan kolaborasi seperti itu, bisa meringankan warga Bandung untuk kebutuhan sehari-hari.

"Alhamdulilah sebelum PSBB, bantuan pemprov Jabar sudah disalurkan," katanya.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT