Headline News

29 Juli 2020

Pengujian Vaksin SARS Cov-2 Mulai Awal Agustus

Bandung, - Koordinator Bidang Operasi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Rita Verita menyatakan uji klinis vaksin SARS Cov-2 atau virus corona sebagai penyebab Covid-19 akan dimulai awal Agustus. Sebagai permulaan, diawali dengan perekrutan relawan.


Rita menerangkan, pengujian vaksin ini membutuhkan sebanyak 1.620 orang relawan. Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri ke enam tempat pengujian yakni Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Balai Kesehatan Universitas Padjadjaran, Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, Puskesmas Sukaparkir dan Puskesmas Ciumbuleuit.


"Jadi nanti rencananya di minggu pertama Agustus akan ada rekrutmen relawan sebanyak 1.620 relawan. Akan ada uji klinis di enam tempat itu mulai minggu pertama Agustus," ucap Rita di Balai Benih Ikan Cibiru, Kota Bandung, Selasa (28/7/2020).


Rita yang sekaligus sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung ini menyatakan, koordinasi dengan tim penguji vaksin dari Universitas Padjadjaran dan Biofarma sudah menjalin koordinasi sejak lama. Sehingga kini puskesmas telah siap mendukung pengujian.


"Sudah sejak bulan April didatangi oleh tim peneliti ini. Mulai dari awal melihat kesiapannya, segala macam. Hingga akhirnya dipilihkan empat puskesmas ini. Puskesmas mulai Agustus ini mereka sudah menyiapkan relawan. Kalau tidak salah malah sudah ada yang mulai mendaftar ke puskesmas langsung," terangnya.


Untuk pengawasannya, Rita memastikan, Dinkes Kota Bandung akan selalu melakukan bersama Biofarma dan Universitas Padjadjaran.


Menurut Rita, pengujian vaksin bukanlah hal baru bagi Biofarma dan Universitas Padjadjaran. Namun, mengingat vaksin yang diuji kali ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 maka perhatiannya lebih besar.


"Sebetulnya tidak ada perbedaan. Hampir semua vaksi yang diproduksi Biofarma bekerja sama dengan Unpad termasuk yang Covid-19 ini. Ya mungkin karena ini adalah tentang Covid-19 dan intruksi langsung dari Presiden tentunya berita ini lebih gencar daripada vaksin yang lainnya," terangnya.


Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengimbau masyarakat yang merasa memenuhi kualifikasi agar mendaftarkan diri sebagai relawan. Tanpa terkecuali bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk ikut daftar sebagai relawan pengujian vaksin.


"Harapan kita, tidak ada side efeknya dan vaksin bisa berhasil kemudian bisa diproduksi massal. Buat pemerintah, ini mengurangi kekhawatiran. Pak Wali Kota sudah mengimbau tapi tidak dalam posisi memaksa. Kalau ada ASN yang mau, alhamdulillah," kata Ema. 

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT