Headline News

29 September 2020

Dua Dekade Mengabdi dan Bertransformasi, Langkah bank Bjb Diganjar Apresiasi


BANDUNG, SIBER -
20 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk menjaga keberlangsungan sebuah usaha. Dalam rentang waktu yang panjang itu, banyak hal bisa terjadi. Halangan dan tantangan silih ganti berdatangan, mengintervensi, menguji daya tahan perusahaan terhadap berbagai macam terpaan, akankah bertahan atau tumbang secara perlahan.

 Dua dekade terakhir di tanah air adalah masa-masa yang mendebarkan dan penuh tantangan bagi dunia usaha. Saat milenium kedua baru dimulai, situasi perekonomian negeri belum sepenuhnya pulih dari hantaman krisis moneter tahun 1998. Dampak luar biasa dahsyat dari krisis membuat ekonomi terseok-seok.

Dunia usaha yang menjadi pilar utama bangkit secara perlahan dalam pada ini, tak terkecuali bank bjb yang saat itu tengah bertumbuh. Seiring waktu berlalu, badai krisis mulai dapat dilalui. bank bjb ikut mencicipi buah dari hasil kerja kerasnya bangkit dari titik terendah. 

Namun belum lama rasa manis itu dicecap, krisis kembali menghampiri pada tahun 2008. Tak sebesar dan sedahsyat yang sebelumnya memang, namun tetap saja mampu membunyikan alarm waspada. Berangkat dari pengalaman sebelumnya, bank bjb tak kesulitan berbenah. Perseroan tetap mampu berlari kencang dengan mencatatkan pertumbuhan di tahun-tahun berikutnya. 

Pertumbuhan ini diikuti dengan konsistensi perusahaan dalam memberikan sumbangsih mendorong perekonomian negeri, melaalui optimalisasi fungsi intermediasi dan program-program untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi nasional lewat sokongan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara terpadu dan berkesinambungan. Kinerja sangat baik dan penuh kontribusi ini terus diperlihatkan bank bjb hingga dua dekade setelah pergantian milenium. 

Badai krisis yang dipicu pandemi COVID-19 memang memberi dampak kepada perseroan. 

Namun berkat pengalaman dan kematangan bank bjb, perusahaan masih sanggup menorehkan catatan positif. Tercatat bank bjb berhasil memperoleh laba bersih mencapai Rp808 miliar yang ditopang pertumbuhan total nilai aset sebesar 3,8% year on year (y-o-y) menjadi Rp125,3 miliar. Pertumbuhan yang ditorehkan dalam dekade-dekade penuh tantangan ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan patut diganjar apresiasi. 

Bak gayung yang bersambut, bank bjb meraih penghargaan khusus atas predikat “Sangat Bagus Selama 20 Tahun Berturut-turut” dalam ajang 25th Infobank Awards 2020 yang diserahkan pada Kamis (24/9/2020).

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan apresiasi ini merupakan bukti nyata pengakuan atas kinerja luar biasa yang selama ini diperlihatkan perseroan. Kerja keras, soliditas, dan komitmen kuat untuk terus bertransformasi lewat inovasi, menjadi senjata utama bank bjb dalam meraih keberhasilannya sejauh ini. "bank bjb selalu menjadikan kepuasan nasabah sebagai orientasi utama dalam menjalankan usahanya. 

 

Tak mengherankan bila kemudian kami selalu konsisten bertransformasi dengan menghadirkan berbagai inovasi demi menghadirkan kemudahan dan kepuasan dalam pelayanan. Semangat ini didorong pula oleh tuntutan zaman yang semakin bergerak cepat, di mana perusahaan harus cakap beradaptasi dan cergas dalam membaca situasi demi menjaga gerak pertumbuhan yang berkesinambungan," kata Yuddy. 

Penghargaan Infobank Awards ini diberikan lantaran bank bjb dinilai mampu secara konsisten memperlihatkan performa usaha yang gemilang lewat pertumbuhan secara kontinyu. Selain itu bank bjb juga dinilai memiliki kecakapan sangat baik dalam merespons perkembangan zaman khususnya di era Revolusi Industri 4.0 di mana transformasi digital bagi industri perbankan adalah sebuah keniscayaan. Dalam praktiknya, bank bjb memang getol melakukan pembenahan di sektor infrastruktur perbankan digital. 

Berbagai pembaruan produk dan layanan dihadirkan kepada para nasabah setia yang selama ini telah menjadi mitra dalam bertumbuh dan berkembang bersama. Sebut saja aplikasi bjb DIGI, yang kini telah dibekali berbagai fitur lengkap untuk memenuhi segala rupa kebutuhan transaksi selama 24 jam nonstop. Baru-baru ini, bank bjb juga telah meluncurkan uang elektronik bjb DigiCash yang dapat digunakan khalayak luas. Sebelumnya, bank bjb juga menjadi salah satu perbankan yang proaktif mengadopsi teknologi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

 Digitalisasi dan elektronifikasi layanan ini juga dikembangkan bank bjb dalam program kolaborasi bersama pemerintah daerah dalam bentuk elektronifikasi layanan pengelolaan keuangan daerah antara lain digitalisasi layanan publik, digitalisasi Pemerintahan Daerah dan mendukung program Smart City.

Beberapa program kolaborasi dengan Pemerintah Daerah yang telah berjalan antara Iain layanan Pembayaran PBB-P2 dan pajak lainnya (E-Tax), E-Channel Samsat (E-Samsat), Tabungan Samsat (T-Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret/Bergerak Cepat (SAMSAT J'bret), Samsat Banten Hebat (SAMBAT), Samsat Online Nasional (SAMOLNAS), Internet Banking Corporate (IBC) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP). 

Sederet langkah inovasi yang dihadirkan perseroan ini tidak lain merupakan upaya nyata bank bjb dalam mempertahankan eksistensinya di tengah cakrawala bisnis yang semakin kompetitif dan penuh tantangan. Didorong dengan semangat untuk memberikan pelayanan dan kontribusi terbaik, upaya transformasi tiada henti akan terus dilakukan perusahaan untuk mempermudah akselerasi usahanya di masa depan. ***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT