Headline News

Selasa, 22 September 2020

Menjelang HJKB ke-210, Oded-Yana Ziarah ke Makam Leluhur Bandung

BANDUNG, - Menjelang Hari Jadi ke-210 Kota Bandung, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berziarah ke makam para Bupati Bandung terdahulu, Selasa 22 September 2020.

Turut serta pada ziarah ini di antaranya, Wakil Ketua I DPRD Kota Bandung Ade Supriadi, juga istri Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung.

Oded beserta rombongan peziarah berjalan kaki dari Pendopo Kota Bandung. Ziarah pertama yaitu ke makam Raden Adipati Aria (R.A.A.) Wiranatakusumah II, atau yang lebih dikenal sebagai Dalem Kaum (1794-1829). Dalem Kaum memiliki nama asli Indradireja.

Di makam yang berlokasi di Jalan Dalem Kaum itu juga terdapat makam Nyi Rd. Kendran, Bupati Bandung XV, Rd. Tumenggung Male Wiranatakusumah, dan Penghulu Kabupaten Bandung Rd. Moch Soleh.

Tak jauh dari lokasi pertama, lokasi kedua berada di Jalan Karang Anyar. Rombongan kembali berjalan kaki.

Makam yang kedua diziarahi adalah makam Rd. Tumenggung Wiranatakusumah III (1829-1846) atau yang berjuluk Dalem Karang Anyar. Di sana juga terdapat makam Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Saat memimpin ziarah, Oded berpesan kepada seluruh yang hadir untuk memaknai prosesi ziarah ini sebagai pengingat kepada yang masih hidup untuk melanjutkan perjuangan para pemimpin terdahulu.

Oded mengatakan, ziarah kepada para Leluhur ini adalah sebuah tradisi yang sangat positif. Karena selain silaturahmi, tradisi ini juga dapat menjadikan ajang muhasabah serta menjiwai tentang perjuangan para leluhur kita dalam mendirikan dan membangun Kota Bandung.

"Kini Bandung sudah berusia 210 Tahun. Semoga kita sebagai penerus dapat menjadikan tradisi ini untuk meningkatkan spirit dan semangat meneruskan cita-cita para pendahulu membangun Bandung ke depan," kata Oded.

Menurutnya, tradisi ziarah ini akan menjadi momentum untuk terus mengingatkan eksistensi kehidupan kita masing masing.

"Oleh karena itu mari kita bersama-sama meningkatkan amal soleh kita. Bermuhasabah diri kita agar menjadi Umat yang lulus dari segala tantangan dan ujian dari Allah SWT," tuturnya.

Usai berziarah, Oded dan Yana memberikan kadeudeuh kepada 11 orang pengurus makam di Dalem Kaum dan Karang Anyar.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT