Headline News

22 Maret 2021

PT Taspen Serahkan Smartcard Taspen Kepada Nasabah Bank Bjb


BANDUNG, SIBER -- Bank bjb bekerjasama dengan PT TASPEN (Persero) menggelar acara simbolis penyerahan TASPEN Smartcard dari Kantor Cabang PT TASPEN Bandung kepada perwakilan nasabah bank bjb. Acara tersebut digelar di Outlet bjb Precious, Jalan Teuku Umar, Kota Bandung, Senin (22/03/2021).

Acara dihadiri oleh Asisten Daerah III Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachim, Pemimpin Cabang PT TASPEN Bandung Andi Purwadi, serta Pemimpin Divisi Dana dan Jasa Konsumer bank bjb Hakim Putratama. Selain itu, hadir pula Pemimpin Divisi Kredit Ritel bank bjb Rudy Purwadhi, CEO Regional 1 bank bjb Andy Rachman, dan Pemimpin Kantor Cabang Utama Bandung Jadi Kusmaryadi serta Sumarwan Hadisoemarto sebagai perwakilan nasabah bank bjb.

Layanan TASPEN Smartcard merupakan salah satu perwujudan kerjasama teranyar antara bank bjb dengan PT TASPEN (Persero). Pada Januari 2020, kedua belah pihak berkolaborasi dalam membuat ATM/Debit Co-Branding atau disebut TASPEN Smartcard. PT TASPEN melakukan kerjasama serentak dengan seluruh bank pemerintah yang telah ditunjuk untuk bekerjasama.

TASPEN Smartcard telah didistribusikan oleh bank bjb kepada para pensiunan TASPEN sejak September 2020. Layanan ini salah satunya berfungsi sebagai kartu pengganti Karip (Kartu Identitas Pensiunan), dimana TASPEN Smartcard memiliki desain khusus yang mencantumkan Nomor Pensiunan (NOTAS) para nasabah pada kartunya.

Selain itu, TASPEN Smartcard juga dapat memudahkan para pensiunan untuk melakukan pengambilan uang tunai di jaringan ATM bank bjb atau ATM jaringan kerjasama lainnya tanpa harus mengantre di counter teller cabang. Kemudahan tersebut sesuai untuk diterapkan di era pandemi yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan physical distancing guna mengurangi penyebaran virus corona.

“Manfaat lainnya dari TASPEN Smartcard adalah sebagai alat pembayaran yang memiliki fasilitas tambahan program promosi dan diskon di beberapa merchant terpilih yang telah bekerjasama dengan PT TASPEN (Persero),” ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Perwakilan nasabah bank bjb, Sumarwan Hadisoemarto mengatakan, TASPEN Smartcard telah mempermudah dirinya untuk mengambil uang pensiun. Tak perlu lagi antre di bank, setiap bulannya ia hanya perlu melakukan proses otentifikasi melalui smartphone pribadi untuk kemudian memperoleh dana lewat ATM terdekat.

“Saya sudah menjadi nasabah bank bjb sejak jadi ASN tahun 1986. Smartcard TASPEN ini memudahkan saya untuk mengambil uang pensiun, apalagi saya termasuk kelompok rentan terpapar corona. Tidak perlu datang ke bank, saya bisa ambil uang di ATM setelah melakukan otentifikasi di HP,” ungkapnya.

Selain itu, dia mengatakan, transaksi rutin seperti membayar tagihan air dan telepon juga dapat dilakukan di mobile banking bjb. Sehingga, mobilitas untuk bertransaksi ke luar rumah sudah sangat terminimalisasi.

“Terimakasih bank bjb dan TASPEN, Semoga bank bjb dan TASPEN dapat memberikan fasilitas layanan yang lebih baik lagi kedepannya,” ungkapnya.

Bagi nasabah yang baru menginjak masa pensiun dan ingin mendapatkan fasilitas TASPEN Smartcard, nasabah dapat terlebih dahulu membuka rekening tabungan bjb Tandamata Purnabakti. Proses ini dapat dilakukan di selutuh jaringan kantor bank bjb.

Adapun perjanjian kerjasama antara PT. TASPEN (Persero) dengan bank bjb secara nasional telah dilakukan sejak 2010. Kerjasama yang dilakukan di antaranya meliputi Pembayaran Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian melalui Rekening Bank.

Berbagai kemudahan pelayanan untuk para nasabah pensiunan juga terus ditingkatkan oleh PT TASPEN (Persero) sesuai dengan perkembangan era digital. Salah satunya lewat proses otentikasi melalui smartphone. Proses sederhana tersebut memungkinkan nasabah pensiunan untuk dapat dikenali identitasnya tanpa perlu mengantre ke customer service bank. Sehingga, nasabah dapat mengambil uang pensiun di ATM terdekat.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT