Headline News

9 Juni 2022

Wisata Sejarah dan Literasi Bung Karno di Gedung Indonesia Menggugat

BANDUNG - Ada pameran buku menarik nih di Gedung Indonesia Menggugat. Dibuka sejak 6 Juni 2022, kita bisa menelusuri perjalanan sang Bapak Bangsa, Soekarno.

Di sini, terdapat 81 buku dan beberapa foto sejarah perjalanan Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Buku-buku tersebut antara lain mengisahkan perjuangan Bung Karno di Penjara Banceuy, romansa dengan Ibu Inggit Garnasih, serta berbagai perjuangan Bung Karno semasa hidup.

"Haul Bung Karno memang selalu jadi kegiatan rutin di Gedung Indonesia Menggugat. Kami menggandeng sejumlah komunitas untuk menggelar pameran atau kegiatan untuk mengingat jasa-jasa Bung Karno," ujar Dede Ahmad selaku Juru Pelihara dan Pemandu Gedung Indonesia Menggugat.

Memasuki hari keempat, Dede menyebut pameran ini disambut antusias, khususnya oleh pecinta sejarah di Kota Bandung.

Akan tetapi, karena pameran diselenggarakan dalam situasi pandemi Covid-19, pengelola Gedung Indonesia Menggugat masih membatasi kunjungan.

"Sekitar 80 orang pengunjung (pameran). Mereka dari kalangan mahasiswa banyaknya," kata Dede.

Pada peringatan hari lahir Bung Karno tahun ini, Gedung Indonesia Menggugat menggandeng beberapa komunitas, di antaranya: Mataholang Officieel, Manikam Khatulistiwa, Majelis Sastra, dan pegiat sejarah lainnya.

Acara pembukaan diisi oleh penampilan seni dan orasi budaya, lalu dilanjutkan dengan pameran buku yang masih berlangsung hingga 11 Juni 2022 mendatang.

Selain melihat koleksi buku dan foto, para pengunjung juga diberi edukasi sejarah, khususnya perjalanan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Wisata sejarah. Jadi, selain menikmati pameran, pengunjung diberi edukasi juga," ucap Dede.

Ia berharap, kedepannya semakin banyak acara untuk memperingati hari kebangsaan, khususnya di Kota Bandung. Agar masyarakat Kota Bandung bisa mengenal lebih dekat sejarah bangsanya.

Bagi anda yang penasaran dengan pameran ini, masih ada waktu sampai 11 Juni 2022 atau Sabtu mendatang. Jangan sampai terlewatkan, ya! 

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT