Headline News

20 September 2022

Peningkatan Indeks Desa Membangun, Bank Bjb Teken PKS dengan Dinas PMD Jabar


BANDUNG, SIBER - Peningkatan Indeks Desa Membangun melalui optimalisasi peran Patriot Desa, bank bjb dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) di Hotel De Braga Bandung, Senin 19 September 2022. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan kedua belah pihak.  

Lewat kerja sama ini, masyarakat yang menjadi binaan para Patriot Desa akan diberikan peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui produk perbankan dari bank bjb.  

Acara penandatanganan PKS tersebut dihadiri oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bank bjb Bapak Isa Anwari, Pemimpin Divisi Kredit Ritel Bapak Rudy Purwadi, Executive Business Officer Bapak Jadi Kusmaryadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM Desa) Jawa Barat Dicky Saromi, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat Kusmana Hartadji beserta jajaran.  Adapun Patriot Desa merupakan program DPM Desa Jawa Barat sejak 2019. 

Anggota dari Patriot Desa ini adalah para pemuda Jawa Barat yang telah melalui proses seleksi, pelatihan dan pendidikan untuk menggali potensi yang ada di desa dan memajukan desa. Saat ini, terdapat 200 orang patriot desa yang tesebar di 19 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Jawa Barat.  

Melalui PKS antara bank bjb dan DPM Desa Jawa Barat, diharapkan nilai Indeks Desa Membangun (IDM) dapat meningkat melalui akselerasi literasi keuangan masyarakat desa dan pemerataan ekononomi desa. Hal itu diperoleh melalui ketersediaan akses Kredit MESRA bank bjb maupun fasilitas perbankan lainnya.  

Nantinya, para Patriot Desa akan merekomendasikan masyarakat desa yang menjadi binaannya untuk dapat mengakses kredit bjb MESRA dan produk perbankan lainnya. Sementara itu, bank bjb juga akan memberikan literasi keuangan dan sosialisasi kredit bjb MESRA dan produk bank bjb lainnya yang dapat bermanfaat untuk masyarakat desa.

"Bank bjb dan DPM Desa memiliki visi dan misi yang sama, yaitu menyejahterakan masyarakat dengan berbagai cara. PKS ini adalah salah satu ikhtiarnya, mudah-mudahan bisa terus dikembangkan dan bisa memberi dampak langsung yang positif untuk masyarakat,” ungkap Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari dalam sambutannya. 

Dia berharap, kolaborasi antara kedua belah pihak bisa terus berlanjut dan berkembang.   

Bank bjb selaku mitra strategis pemerintah provinsi Jawa Barat memiliki komitmen untuk mendukung program-program yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat khsusunya di desa. Bankerapa hal yang telah dilakukan adalah digitalisasi desa dan penyaluran kredit MESRA bagi para pelaku usaha di desa.  Hingga Agustus 2022, Kredit bjb MESRA telah tersalur di 1.059 desa, 10.587 penerima manfaat dan total penyaluran 43,5M Rupiah. 

Diharapkan, kerjasama ini dapat mengakselerasi penyaluran kredit bjb MESRA dan produk perbankan bank bjb di wilayah desa sekaligus menyejahterakan masyarakat. 

***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT