Headline News

3 Februari 2023

Peduli Lingkungan, SMAN 2 Purwakarta Amalkan GEMAS

 


PURWAKARTASekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Purwakarta mengamalkan Gerakan Memungut Sampah (GEMAS) di lingkungan sekolah, Jumat (3/2/2023) pagi ini.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan aksi dan edukasi dari Komunitas Satuan Pendidikan Peduli Edukasi (SAPULIDI) DAS Citarum Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Kepala SMAN 2 Purwakarta, Emma Sukmasih, GEMAS adalah program rutin sekolah setiap satu minggu sekali yang juga digagas oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV. Kegiatan tersebut diharapkan mampu memacu siswa membersihkan lingkungannya untuk membentuk karakter tanggung jawab. "Sebagai umat muslim, kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi, jangan slogan saja, tapi harus kita aplikasikan dalam kehidupan nyata," tegasnya. 

Seluruh civitas akademika yang ada di sini, lanjutnya, melaksanakan program tersebut secara bergilir. "Karena, di hari Jumat tidak hanya ada GAMES. Tapi juga ada kegiatan religi yang kami bagi di antara anak-anak kami supaya mereka bisa melaksanakan satu kegiatan-kegiatan yang ada di sini. Ada ngaji, GAMES, berbagi, peduli pada teman," tuturnya. 

Sedangkan Koordinator Komunitas SAPULIDI DAS Citarum Disdik Jabar, Asep Junardi berharap kegiatan tersebut mampu menjadikan siswa sebagai pionir untuk rekan-rekannya dalam menjaga lingkungan. "Kita harap generasi sekarang mampu melanjutkan dan memberi edukasi (tentang peduli lingkungan) kepada generasi selanjutnya," harapnya. 

Ke depan, tambahnya, komunitasnya akan melakukan roadshow ke berbagai kantor cabang dinas pendidikan wilayah untuk menyosialisasikan gerakan peduli lingkungan. 

Salah satu siswa SMAN 2 Purwakarta, Keisya Dewi Jasmine membuat poster unik tentang menjaga lingkungan. Ia membuat poster dengan menjadikan sampah sebagai ornamennya. Poster tersebut mengampanyekan agar manusia lebih peduli pada kebersihan laut dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT