Headline News

27 Januari 2023

Siswa SMAN 1 Parongpong Meneliti Kearifan Lokal Dalam Project Penguatan Profil Pancasila



 

CIMAHI — Para siswa didorong mempresentasikan hasil obervasi mengenai kearifan lokal di lingkungan sekitar. Dalam hal ini siswa kelas X SMAN 1 Parongpong mengikuti sidang project penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema “Kearifan Lokal”, Jumat 27 Januari 2023.

Koordinator Project Penguatan Profil Pancasila Fase E, Anis Ilahi menjelaskan, project ini bertujuan menggali dan mencari informasi mengenai kearifan lokal yang terbagi dalam tujuh bidang. Di antaranya pengetahuan, ekonomi, masyarakat, kesenian, dan pendidikan.

“Setelah menggali informasi, mereka menelaah permasalahan yang ada dan terjun langsung ke lapangan,” ujarnya.

Meneliti langsung ke tempatnya, lanjut Anis, menjadi keharusan. Sebab, selain berinteraksi, siswa juga mendapatkan pengalaman penelitian.

Lalu, data dikemas menjadi sebuah esai yang nantinya akan diterbitkan di website sekolah usai melalui proses revisi.

Adapun sesi sidang tak ubahnya “sidang skripsi”.

“Kita menyebutnya sidang. Menguji hasil anak-anak dan langsung ada feedback seperti sidang skripsi. Makanya, kemarin ada juga siswa-siswa yang tegang,” ucap Anis.

Dalam sidang, orang tua siswa dapat menyaksikan presentasi anaknya. Salah satu ortu siswa Ida Tarwilah menyambut baik program ini.

“Saya salut untuk anak kelas X. Pengetahuannya sudah bagus, mereka menyampaikan materinya pun bagus, berani. Saya acungkan jempol dan apresiasi sekali,” pungkasnya

Salah satu siswa yang mengikuti project tersebut, Gina Nurfadillah mengungkapkan, ia dan kelompoknya mengulik seputar permainan tradisional egrang. Selain mengenal kembali permainan tradisional, Gina mengaku terpacu lebih berpikir kreatif dan melestarikan permainan tersebut.

***


Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT