Headline News

15 November 2023

Sambut Bulan Bahasa, SMAN 4 Cimahi Tampilan Berbagai Literasi

 


CIMAHI - SMAN 4 Kota Cimahi, sebagai salah satu sekolah yang menjalankan implementasi kurikulum merdeka yakni kurikulum merdeka berubah, melakukan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Mengusung tema gaya hidup berkelanjutan, kewirausahaan dan kearifan lokal. Di samping itu ada kegiatan Edufair atau pameran pendidikan.

Kegiatannya dilaksanakan secara maraton dalam bentuk literasi budaya, literasi finansial dan literasi bahasa, dari tanggal 13 November sampai 15 November 2023.

Nina Irmawati, S.Pd., Ketua Pelaksana Kegiatan menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara guru mata pelajaran, di antaranya Pendidikan Kewirausahaan (PKWU), Bimbingan Karir (BK),  Bahasa Indonesia, Guru Seni Budaya dan lainnya.

“Intinya menyambut Bulan Bahasa yang dititik beratkan kepada kegiatan literasi,” kata Nina saat kegiatan pameran perguruan tinggi, Selasa (14/11/2023).

“Guru seni juga perlu berkontribusi sehingga kita mengklasifikasikan dalam tiga hari ini yaitu literasi budaya, literasi finansial, dan literasi bahasa,” kata Nina.

Pada pelaksanaan di hari pertama yakni kegiatan literasi budaya, ada beberapa mata pelajaran yang berkolaborasi seperti pelajaran PAI, Seni Budaya, PKWU dan BK. Melaksanakan kegiatan praktek pernikahan bagi siswa kelas XII.

“Ada juga penugasan dari pelajaran PKWU, anak-anak kelas XII ditugaskan membuat pakaian trash fashion (baju dari hasil daur ulang), dan diadakan fashion show di sela-sela praktek pernikahan,” kata Nina.

Sedangkan untuk pelajaran seni budaya ada siswa kelas XII memainkan angklung, kelas XI ada tari kreasi dan sebagainya.

Nina pun menuturkan pelaksanaan kegiatan di hari kedua yang difokuskan kepada Bimbingan Karir. Di mana siswa diberi wawasan yang mengahdirkan perguruan tinggi negeri dan swasta berpameran.

“Kami juga mendatangkan nara sumber untuk memberikan wawasan kepada siswa yang sebentar lagi akan lulus dari SMA. Skala prioritas untuk kelas XII. Sedangkan anak kelas X bazar juga meliput kegiatan ini untuk dilaporkan,” kata Nina.

Di hari terakhir, yakni literasi bahasa diprioritaskan kepada siswa SMAN 4 Kota Cimahi dituntut menuangkan ide ke dalam tulisan, seperti cerita pendek dan lainnya yang kemudian dibukukan.

“Rencananya ada beberapa penerbit yang akan berkolaborasi membuka stand termasuk memotivasi, karena banyak juga siswa yang memiliki bakat menulis,” kata Nina.

Sementara itu Kepala SMAN 4 Cimahi, Drs. Jajang Koswara, M.Si., mengatakan bahwa kegiatan ini bisa berjalan karena kehebatan guru-guru kami didukung oleh orang tua siswa yang di SMAN 4 Kota Cimahi disebut Paguyuban Kelas.

“Alhamdulillah, ini Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah kami yang tahun ini baru dilaksanakan. Di mana siswa kami harus berkreasi sedemikian rupa dibimbing oleh gurunya,” kata Jajang.

Berkenaan dengan pelaksanaan di hari kedua yakni adanya Edufair, Jajang berharap siswa kelas XII SMAN 4 Kota Cimahi 50 persennya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri ataupun sekolah kedinasan.

“Lulusan SMA itu kan sudah semestinya melanjutkan kuliah. Namun kondisi ekonomi orang tua di sini tidak sedikit yang kurang mampu. Maka kami coba memotivasinya. Karenanya ada juga kampus yang memberikan beasiswa bagi yang tidak mampu.”

“Mereka juga bisa bertanya ke stand perguruan tinggi yang ada agar tidak salah memilih jurusan,” kata Jajang.

Intinya Jajang mendorong siswanya agar semangat belajar dan terus mengembangkan potensi diri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada orang tua siswa Paguyuban Kelas yang selalu mendukung program sekolah. Begitu juga ke Pak Kepala KCD Wilayah VII  Pak Ai Nurhasan yang datang memberikan arahan dan motivasi,. Tidak terkecuali perguruan tinggi yang hadir,,” pungkasnya. ***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT