Headline News

17 Juli 2020

Melaui RMI PCNU, Bank Bjb Bersama Pemkab Cirebon Salurkan Bantuan Untuk Pesantren

Cirebon, –  Bank bjb dan Pemerintah Kabupaten Cirebon menyalurkan paket bantuan kepada pondok pesantren yang ada di Kabupaten Cirebon. Bantuan tersebut disalurkan melalui Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon bertempat di Pendopo Bupati Cirebon pada Kamis (16/07/2020).

Bantuan itu diberikan untuk mendorong upaya pemerintah pusat dan daerah dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 khususnya di pondok-pondok pesantren tempat para santri menuntut ilmu. Paket bantuan yang diberikan antara lain berupa vitamin, wastafel dan uang tunai.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan langkah perusahaan tersebut merupakan bentuk kepedulian bank bjb terhadap sesama. Sebagai sebuah lembaga yang menjadi bagian dari komunitas, bank bjb ingin memberikan kontribusi sosialnya kepada pihak yang membutuhkan.

"Sebagai agen perubahan nasional, bank bjb memiliki tanggung jawab sosial untuk memberikan dorongan kepada masyarakat sesuai dengan kapasitas dan fungsi perusahaan. Langkah-langkah kemanuasiaan yang konkret telah secara konsisten kami lakukan dan akan terus diupayakan terutama kepada pihak-pihak yang memerlukan dukungan, khususnya di saat situasi pandemi COVID-19," kata Widi.

Paket bantuan yang diberikan kepada pesantren ini diharapkan dapat meringankan pekerjaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon dalam mengantisipasi penyebaran dan meredam dampak negatif dari COVID-19, juga mendukung perubahannya zona Kabupaten Cirebon menjadi zona hijau. Diharapkan agar para pesantren yang menjadi penerima dapat memanfaatkan semaksimalnya bantuan yang diberikan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Selain dari bank bjb, bantuan untuk pondok pesantren itu juga bersumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon di mana mereka ikut membantu sebanyak lima buah wastafel.

Upaya kemanusiaan yang dilakukan bank bjb ini mendapat sambutan hangat dari kepala daerah. Bupati Cirebon Imron Rosyadi bersama Ketua RMI PCNU Kabupaten Cirebon, Badrudin Hambali mengucapkan terima kasih atas partisipasi bank bjb dalam menopang kesejahteraan para warga pesantren lewat bantuan yang diberikan.

Paket bantuan yang diberikan bank bjb ini memperpanjang daftar sumbangsih perusahaan dalam percepatan penanggulangan wabah COVID-19. Seperti diketahui, sejak COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi, bank bjb langsung bergerak cepat merespon situasi dengan membuka keran derma kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

Bantuan diberikan kepada sejumlah kelompok seperti para tenaga medis, panti sosial, dan kelompok warga lainnya yang rentan terdampak secara ekonomi di berbagai daerah di tanah air. bank bjb juga memperkuat jalinan sinergi dengan pemerintah daerah lewat sumbangsih percepatan penanganan COVID-19 yang dilakukan dengan cepat dan tanggap.

Tak cuma melalui aksi sosial, bank bjb ikut berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) sesuai dengan instruksi pemerintah pusat dalam rangka mengantisipasi dampak COVID-19. Beberapa program telah dikeluarkan perseroan, termasuk restrukturisasi kredit dan pemberdayaan pelaku UMKM via Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) demi mendorong keberlangsungan perekonomian negeri. *

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT