Headline News

21 Oktober 2020

Pemerintah Tawarkan Kerjasama Bidang Infrastruktur ke Pemkot Bandung

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berpeluang memperoleh bantuan kerja sama dari Pemerintah Jerman di bidang infrastruktur. Hal itu merupakan bagian dari rencana pemerintah Jerman memberikan bantuan kerja sama sekitar Rp40 triliun atau 2,5 juta Euro.

Hal itu terungkap saat Principal Advisor, Deutsche Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit, Budi kuncuro bertemu Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Rabu 21 Oktober 2020.

Menurut Budi, Pemerintah Jerman mengajak berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia untuk menyukseskan program Green Infrastructure Initiative dengan nilai mencapai sekitar Rp40 trilun atau 2,5 euro. Nilai tersebut, diperuntukan bagi 3–4 provinsi di Indonesia.

Sampai saat ini, pemerintah Jerman belum menentukan provinsi yang bakal memperoleh bantuan kerja sama. Namun Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu pilihan untuk memanfaatkan program tersebut.

"Ini diperuntukan 3–4 provinsi. Belum dipilih provinsinya. Tetapi pada saat ini sedang berdiskusi secara intensif dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tentu di masing-masing provinsi akan turun ke kota kabupaten," jelasnya.

Ia mengaku berkunjung ke Kota Bandung untuk menjelaskan program itu. Tak hanya itu, ia pun sekaligus menawarkan kepada Pemkot Bandung untuk memanfaatkan program tersebut.

"Kita berkunjung ke Kota Bandung untuk menjelaskan program ini dan menawarkan apakah Kota Bandung berminat jadi salah satu kota yang menerima bantuan pemerintah Jerman ini," aku Budi.  

Menurut Budi, Kota Bandung memiliki potensi yang cukup baik. Seperti di bidang transportasi publik.

"Tidak semua kota kabupaten yang terkait dengan program. Kita lihat Kota Bandung ini sangat potensial, misalnya sektor transportasi. Ini jadi isu penting di Kota Bandung, sehingga kita berdiskusi bisa jadi dukungan penerima bantuan," paparnya.

Budi menambahkan terdapat beberapa sektor yang nantinya memperoleh bantuan pembangunan infastruktur.

"Seperti transportasi, ada juga waste to energy, sampah menjadi energi, listrik. Pengelolaan limbah air, cair dan non cair, sampai dengan water suplay atau suplai air bersih," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulayana menyambut baik program yang diluncurkan oleh Pemerintah Jerman tersebut. Hal itu mampu mempercepat akselerasi pembangunan Kota Bandung.

"Pemerintah Kota Bandung mengapresiasi adanya penawaran kerja sama ini. Tentunya bisa cepat mengakselerasi pembangunan. Tentu semata- mata untuk menigkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Ia mengakui, di Kota Bandung lebih condong terhadap akselerasi pembangunan transportasi publik.

"Kita mungkin lebih kepada transportasi publik. Kita punya perencanaan yang sudah siap. Di Bappelitbang sudah ada perencanaan itu. Tinggal kita atur di sisi pembiayaannya," kata Yana.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT