Headline News

12 Januari 2021

Kebun Tomat Mbah Garut Panen

BANDUNG - Setelah berjalan sekitar 3 bulan, tanaman tomat yang berada di Mbah Garut, Kecamatan Cibiru Kota Bandung memasuki masa panen, Selasa 12 Januari 2021. 

Panen dilakukan di lahan seluas 4 hektar dengan 2.000 pohon tomat. Tak hanya tomat, di kawasan tersebut juga ada tanaman lainnya seperti pisang, cabai rawit, kemangi dan kopi. 

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyempatkan diri memanen tomat. Sesekali ia petik tomat dari pohonnya. 

"Ini memang lahan terbuka hijau milik Pemkot Bandung. Sekitar berjalan 2 tahunan, aktivasi penanam pohon produktif," ujarnya.

Yana berharap, masyarakat bisa ikut menikmatinya. Karena untuk panen kali ini, hasilnya diberikan kepada para petani penggarap. 

"Hasilnya sekarang diserahkan ke petani penggarap. Harapannya masyarakat ikut menikmati,"ujar Yana. 

Di wilayah tersebut juga ia berharap dapat memperbaiki lingkungan untuk kawasan serapan air. 

"ini juga untuk perbaikan lingkungan sebagai daerah serapan air. Sehingga lingkungan bisa mengurangi dampak banjir yang biasa melanda ke wilayah selatan atau kawasan rendah," kata Yana.

Sementara itu, pengelola Mbah Garut, Abah Dayat (67) mengungkapkan, tanaman di kawasan Mbah Garut bisa tumbuh baik. Asal dirawat dengan baik, maka hasilnya akan berlimpah.

"Banyak di sini tanaman produktifnya. Asal rutin diurus, pasti panennya banyak," tuturnya.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT