Headline News

25 Februari 2021

Melalui Bjb DigiCash Permudah Transaksi Masyarakat Purwakarta


PURWAKARTA, SIBER -
 Dalam kondisi pandemi saat ini yang berdampak hampir di seluruh sektor perekonomian, diperlukan perubahan yang signifikan untuk dapat menstimulus perekonomian. Upaya ini termasuk memfasilitasi masyarakat agar dapat bertransaksi melalui Quick Response Indonesian Standard (QRIS) yang dapat meminimalisir kontak fisik dan sejalan dengan kampanye penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus COVID-19. Dalam rangka mewujudkan upaya pemerintah tersebut, bank bjb sebagai lembaga keuangan sekaligus mitra Pemerintah Daerah ikut mensukseskan upaya digitalisasi layanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. 

Bertempat di Kantor Cabang Purwakarta, bank bjb meresmikan kerja sama dengan Grab. Melalui kerja sama ini, penumpang Grab dapat membayar biaya perjalanannya melalui bjb DigiCash yang sudah dipasang di partisi plastik armada GrabBike dan GrabCar Protect. Melalui fitur bayar dengan QRIS, penumpang hanya perlu scan QRIS yang terpasang di partisi plastik GrabProtect melalui aplikasi bjb DigiCash.  

bjb DigiCash, salah satu uang elektronik serbaguna keluaran bank bjb, dinyatakan dapat digunakan untuk bertransaksi di seluruh gerai yang memiliki logo QRIS. Bank Indonesia (BI) selaku pemegang otoritas QR Code uang elektronik mengeluarkan ketentuan bahwa QR Code yang ada di semua gerai dapat dipakai untuk segala jenis pembayaran uang elektronik yang berizin resmi melalui QRIS. Salah satunya, bjb DigiCash.

GrabProtect sendiri merupakan armada roda dua dan roda empat dari Grab dengan peningkatan standar kebersihan dan protokol keamanan. Dimulai dari teknologi deklarasi kesehatan online, pengecekan masker via selfie, partisi plastik tebal pemisah antara mitra pengemudi dan penumpang, hingga hand sanitizer dan desinfektan kendaraan secara berkala.  

Dengan kerja sama ini, penumpang dapat dengan mudah membayar tarif perjalanan yang tertera di aplikasi Grab melalui scan QRIS di partisi plastik GrabProtect dengan menggunakan aplikasi bjb DigiCash.

Selain tersedia di armada GrabProtect, bjb DigiCash ini juga tersedia bagi masyarakat Purwakarta yang berkunjung dan makan langsung di sejumlah merchant GrabFood dalam upaya mendukung program Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk meningkatkan digitalisasi UMKM di Purwakarta.

Melalui sinergi antara Bank Indonesia (BI) Jawa Barat dengan bank bjb, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta dan Grab merupakan wujud implementasi atas dukungan gerakan cashless society.

Perwakilan BI yakni Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, Herawanto, menyampaikan, “BI menyambut baik kerja sama yang dilakukan oleh bank bjb dan Grab di Purwakarta. QRIS dikembangkan oleh BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan tujuan mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas. Selain itu BI juga berkomitmen mendukung transformasi UMKM melalui program onboarding UMKM yang dilakukan secara terintegrasi dari hulu ke hilir dan menyediakan QRIS sebagai kanal pembayaran digital yang cepat, mudah, murah, dan andal bagi UMKM.”

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan, “Kami mendukung program ini berjalan karena sejalan dengan upaya pemerintah pusat dalam meminimalisir kontak pada saat kondisi pandemi COVID-19. Salah satunya yaitu dengan adanya sekat pembatas antara penumpang dan mitra pengemudi Grab, juga ditambah inovasi pembayaran melalui scan bjb DigiCash. Kami juga mengapresiasi upaya digitalisasi UMKM di Purwakarta, dengan adanya sistem pembayaran non-tunai di rumah makan. Kami berharap ini dapat turut mendukung kebangkitan UMKM dan pemulihan ekonomi.”

Suartini, Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb menyampaikan, “Kehadiran bjb DigiCash sebagai alat bayar elektronik ini merupakan inovasi yang dipersembahkan bank bjb kepada masyarakat di Purwakarta. Kami menjamin berbagai kemudahan penggunaan bjb DigiCash sebagai alat transaksi, termasuk dalam hal aksesibilitas dimana bjb DigiCash dapat digunakan di armada GrabProtect di Purwakarta dan juga nantinya bagi masyarakat yang berkunjung langsung di sejumlah merchant GrabFood."

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT