Headline News

20 April 2021

Yana Mulyana: Vaksinasi Terhadap Lansia Butuh Treatment Khusus

VAKSINASI COVID-19 TERHADAP LANSIA BUTUH PENANGANAN KHUSUS

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengakui vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) membutuhkan pengananan sedikit berbeda dengan warga lainnya. Sehingga perkembangan vaksinasinya tak secepat terhadap usia produktif.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat meninjau vaksinasi Covid-19 di SDN 028 Gumuruh, Selasa 20 April 2021. 

"Ini butuh 'treatment' khusus terhadap lansia. Beberapa punya hambatan. Seperti nanti ada yang asmanya akut, itu butuh treatment dulu untuk menormalkan," ungkap Yana.

Tak hanya itu, Yana menyebut, vaksinasi kepada lansia membutuhkan pendamping khusus. Termasuk alat kesehatan yang memadai saat pelaksanaan vaksinasi. 

"Ini juga butuh pendampingan dan fasilitas kesehatan," tuturnya.

Yana mengungkapkan, hingga saat ini vaksinasi kepada lansia baru mencapai 29,5 persen. Menurutnya, membutuh inovasi agar terjadi akselerasi.

"Target tenaga pendidik itu 50 persen lebih, kalau lansia baru 29,5 pesen," katanya.

"Ini butuh inovasi jemput bola atau kepala UPT Puskesmas mau jemput bila datang ke lansia. Meskipun nanti inovasi jemput bola, ketika datang itu fasilitas kesehatan harus komplit. Pascavaksin terhadap lansia itu beda," jelas Yana.

Sementara itu, Camat Batununggal, Tarya menyampaikan target lansia di Kecematan Batununggal sekitar 3.000 orang. 

Sedangkan target untuk tenaga pendidik sejumlah 1.688 orang. 

"Insyaallah target ini tercapai. Kita akan coba beberapa inovasi seperti yang disarankan pak wakil. Jemput bola untuk lansia dan sebagainya," katanya.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT