Headline News

Senin, 21 Juni 2021

Keunggulan Kartu ATM Berteknologi Chip

BANDUNG, - Seorang nasabah bank bjb di Bandung, Sisca Wuri, mengaku sudah lega karena telah mengganti Kartu ATM/Debet magnetik miliknya menjadi kartu baru berteknologi chip. Sisca menceritakan dengan kartu ATM bjb chip yang barunya itu, ia merasa lebih aman dalam melakukan transaksi.

"Ya sekarang merasa jauh lebih aman. Apalagi saya sering dengar berita kasus pembobolan kartu ATM yang dikuras orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan kartu ATM bjb chip ini saya tidak was-was lagi," katanya.

Apa yang dilakukan Sisca adalah mengikuti aturan pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia yang menghimbau nasabah segera mengganti kartu debit miliknya menjadi kartu yang berbasis chip karena dinilai lebih aman.

Bank Indonesia menetapkan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu Debit yang digunakan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan atau kartu Debit di Indonesia.

Penerapan NSICCS pada kartu ATM/Debit memiliki tujuan utama untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu ATM dan/atau kartu. Selain itu, implementasi ini juga dapat mendorong terciptanya interoperabilitas instrumen yang sejalan dengan semangat National Payment Gateway serta mendukung terciptanya efisiensi sistem pembayaran melalui biaya transaksi yang wajar dan memperhatikan perlindungan konsumen. Langkah ini menjadi momentum penting untuk mewujudkan industri sistem pembayaran yang aman, efisien, lancar, dan andal, dengan tetap memperhatikan perluasan akses dan perlindungan konsumen, serta mengutamakan kepentingan nasional.

Penggantian kartu ATM dari magnetik menjadi chip ini diatur dalam arahan Bank Indonesia (BI) melalui Surat Edaran (SE) Nomor 17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online (PIN) enam digit untuk kartu ATM dan kartu debit yang diterbitkan di Indonesia. Dalam SE tersebut, perbankan di Indonesia harus melakukan penggantian kartu debit ATM nasabahnya ke dalam bentuk terbaru.

Keunggulan Kartu ATM Berteknologi Chip

Mengutip Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia, kartu ATM berbasis chip memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kartu ATM berbasis ATM magnetic stripes.

Data kartu ATM chip lebih aman karena mempunyai proses otentifikasi akses ke jaringan ATM ataupun EDC. Sementara kartu ATM berbasis magnetic stripe tidak mempunyai proteksi terhadap data yang ada. Hal inilah yang menjadikan kartu ATM berbasis magnetic stripe mudah dibaca dan dicuri pihak tak bertanggung jawab.

Kartu ATM berbasis chip tidak mudah digandakan karena data yang disimpan telah dilindungi oleh fungsi kriptografi tertentu. Keaslian kartu teknologi chip dapat dipastikan dengan metode offline CAM dan online CAM. Sedangkan kartu ATM berbasis magnetic stripes mudah digandakan karena data nomor kartu, expire date, nama nasabah, dan lainnya disimpan pada magnetic stripes. Terminal dan bank host pun tidak dapat memastikan keaslian kartu yang digunakan pada saat transaksi.

Kartu ATM berbasis chip secara fisik lebih kuat dan tahan lama untuk pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang. Hal ini karena chip di bagian kiri depan kartu ATM yang memiliki teknologi penyimpanan data yang lebih canggih. Bandingkan dengan kartu ATM berbasis magnetic stripes yang memiliki garis hitam memanjang pada bagian belakang kartu sebagai penyimpan data. Ketika pita hitam rusak, maka kartu ATM pun sulit terbaca.

Tukarkan Kartu ATM bjb dan Rasakan Manfaatnya

Nasabah bank bjb dapat menukarkan kartu ATM lama dengan kartu ATM baru berteknologi chip di seluruh jaringan kantor bank bjb dengan membawa kartu ATM yang lama, buku tabungan dan KTP. Penukaran dapat dilakukan tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah penukaran paling lambat dilakukan sebelum 30 Juni 2021.

Nasabah dapat merasakan manfaat memiliki kartu ATM bank bjb karena bisa menggunakan kartunya sebagai kartu Debit di ribuan EDC. Nasabah pun dapat melakukan penarikan uang tunai/cash, kapan saja dan di mana saja dalam waktu 24 jam sehari 7 hari seminggu di ATM bank bjb atau ATM Bank yang memiliki logo ATM BCA/PRIMA dan ATM BERSAMA.

Kartu ATM chip bank bjb pun dapat digunakan untuk pengiriman uang ke sesama pemilik rekening bank bjb lain dengan mudahnya dan transfer antar bank secara real time online melalui jaringan ATM bank bjb atau bank dengan logo ATM BERSAMA dan PRIMA. *

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT