Headline News

3 Agustus 2021

Percepat Herd Immunity, LSM GMBI Ikut Vaksinasi

BANDUNG, - Guna mempercepat target Herd Imunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19, berbagai elemen masyarakat di Kota Bandung terus membantu percepatan vaksinasi Covid-19.

Kali ini dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung dan bertempat Rumah Sakit Immanuel, Jalan Kopo, Kota Bandung.

Vaksinasi Covid-19 tersebut ditujukan untuk anggota GMBI beserta keluarga, dan masyarakat sekitar Kecamatan Bojongloa Kidul. Targetnya, sebanyak 500 orang yang dilaksanakan pada 3 dan 4 Agustus 2021.

Ketua Distrik LSM GMBI Kota Bandung, Moh Mahsur mengatakan kegiatan vaksinasi serempak ini bertujuan agar menjaga dan meningkatkan imunitas khususnya para anggota GMBI, keluarganya, dan masyarakat luas umumnya.

"Kita juga ingin membantu Pemerintah Kota Bandung dalam penanggulangan masalah Covid-19. Sehingga kita berinisiatif untuk melakukan vaksinasi ini," katanya.

"Kapasitasnya 500 orang dan diberikan waktu dua hari. Karena kalau dijadikan satu hari takutnya terjadi kerumunan," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama RS Immanuel, dr. Ruly Sjambali menyampaikan pihaknya telah berpengalaman dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, sehingga tidak ada kendala dalam kegiatan ini.

"Ini kerja sama GMBI, Dinkes Kota Bandung, dan Kewilayahan, karena di Bojongloa Kidul ini susah sekali ditarik (untuk vaksin), melalui kegiatan ini jadi bisa ikut vaksinasi," katanya.

"Kami menyediakan tempat dan vaksinator, satu tim sekitar 12-16 orang. Sebelumnya dapat kabar dari Dinkes mau tidak jadi fasilitator tempat vaksinasi? Saya bilang tidak masalah di sini (RS Immanuel)," ungkapnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengapresiasi hal tersebut. 

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ditinjau langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna yang juga Ketua Harian Satgas Penananganan Covid-19 Kota Bandung, serta Kewilayahan, Selasa 3 Agustus 2021.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap, proses percepatan vaksinasi di Kota Bandung yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat dan Rumah Sakit dapat mempercepat target Herd Immunity.

"Target kita 1,9 juta orang. Semakin banyak orang yang divaksin di Kota Bandung, mencapai 70 persen (dari jumlah penduduk), harusnya Herd Immunity terbentuk. Kita cukup banyak vaksinator terlatih mencapai lebih dari 1.000," katanya.

"Pemerintah Pusat juga telah menyampaikan dalam Rapat Koordinasi, Agustus ini vaksin akan cukup banyak yang masuk, dibagi untuk beberapa daerah. Terutama mungkin karena kemarin Kota Bandung cukup diapresiasi karena capaian vaksinnya 40 persenan," imbuh Yana.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT