Headline News

26 September 2021

Pemkot Bandung Dukung Pengembangan UMKM

BANDUNG, - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berinovasi maupun berkreasi. Hal tersebut agar para pelaku UMKM bisa kembali menjalankan usahanya di tengah pandemi Covid-19 ini.

"UMKM harus terus berinovasi dan berkreasi. Kita hadir memberikan dukungan dan stimulus, Memperkenalkan produk lewat pemasaran dan lain-lain," kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara One Ride Jelajah Bandung dalam memperingati Hari Jadi ke-211 Kota Bandung di Bandung Creative Hub, Minggu 26 September 2021.

Perlu diketahui, One Ride Jelajah Bandung merupakan kegiatan bersepeda motor yang diinisiasi komunikasi Reborn. Komunitas ini merupakan pengguna sepeda motor Royal Enfield.

Kegiatan kali ini menjelajahi beberapa titik di Kota Bandung untuk membantu para pelaku UMKM.

Menurut Yana, jika para pelaku UMKM terus tumbuh, maka roda ekonomi di Kota Bandung berkembang. Pemerintah pun akan terus memberikan stimulus kepada para pelaku UMKM.

Di antaranya memberikan sejumlah kemudahan kepada para pelaku usaha. Salah satunya terkait sertifikasi halal yang diberikan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung.

Selain itu, kemudahan juga diberikan untuk mengurus Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

"Disbudpar itu gratis memberikan HAKI, Disdagin memberikan sertifikasi halal juga uji mutunya. Sementara Dinkes ada PIRT,  dan Dinas UMKM seperti pendampingan, akses, modal dan lain-lain," beber Yana.

Oleh karenanya, Yana meminta para pelaku UMKM tidak perlu khawatir tentang usahanya. Hal yang perlu dilakukan yaitu memiliki inovasi yang baik.

"Tingkatkan kreativitasnya. Kita akan kasih pendamping seperti UMKM kuliner. Dikasih tahu soal packaging, pemasaran soal harga dan sebagainya," kata Yana.

Tak hanya itu, di Kota Bandung pun ada "business matching". Para pelaku UMKM akan dipertemukan dengan pembeli dari luar negeri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengungkapkan, kegiatan Reborn One Ride merupakan bagian dari pentahelix. Pemerintah, komunitas maupun swasta hadir untuk memberikan kemajuan pembangunan daerah.

Ia pun mengapresiasi para penunggang roda dua itu sebagai dukungan bagi pelaku usaha dan ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya.

"Luar biasa, ini sebagai perhatian masyarakat khususnya komunitas. Mudah-mudahan ini berjalan terus," kata Kenny.

Sedangkan Ketua Reborn, Chief Baba menyatakan, Reborn One Ride 2021 bagian dari upaya memberikan UMKM.

Para pengendara motor ini berkeliling di Kota Bandung dan menyaksikan pagelaran seni dan pameran UMKM di Saung Angklung Udjo.

"Reborn One ride mengusung tema Support Your Local Business, kita hadir untuk mendukung UMKM juga komunitas kreatif," katanya.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT