Headline News

23 April 2022

Inovasi Mandek, DPRD Desak BUMD Kota Bandung Berbenah

BANDUNG - DPRD Kota Bandung bersama Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Bandung, Perumda Tirtawening Kota Bandung, dan Perumda Bank Bandung melaksanakan Rapat Kerja Panitia Khusus (Pansus) 1 membahas realisasi kinerja T.A 2021 di Ruang Rapat Badan Musyawarah, Jumat (22/4/2022).

Rapat kerja dipimpin langsung oleh Ketua Pansus 1, Ferry Cahyadi Rismafury, S.H.

Anggota Pansus 1, H. Rizal Khairul, SIP., M.Si., menyampaikan persoalan internal masih menjadi kendala yang belum dibenahi secara serius setiap tahunnya.

"BUMD Kota Bandung harus melakukan pembenahan di bagian SDM. Permasalahan BUMD seringkali dipicu karena adanya persoalan internal yang masih rumit untuk diselesaikan. Sehingga banyak inovasi serta program-program yang menjanjikan baik income maupun outcome menjadi tersendat, tapi itu semua saya rasa masih belum terlambat untuk segera dibenahi dan harus segera dievaluasi dengan baik," kata Rizal.

Pada kesempatan itu, Hj. Salmiah Rambe, S.Pd.I, M.Sos., berharap bahwa Bank Bandung memberikan perhatian berupa pendampingan kepada pengusaha yang baru saja memulai kariernya.

"Saya berharap, Bank Bandung juga bisa memberikan fasilitas pendampingan yang tepat untuk pelaku usaha pemula, selain bantuan kredit bagi pedagang ataupun masyarakat yang membutuhkan bantuan dana untuk usaha. Selain itu saya juga sepakat bahwa semua BUMD harus membenahi persoalan internalnya sebagaimana mestinya," kata Salmiah.

Anggota Pansus 1 lainnya, Iman Lestariyono, S.Si menyampaikan bahwa Bagian Perekonomian harus mengambil peran lebih sebagai pembina sekaligus pengawas bagi lembaga yang sedang bermasalah, dalam hal ini BUMD Kota Bandung.

"Dengan situasi BUMD yang tidak sehat seperti ini, saya mempertanyakan bagaimana peran Bagian Perekonomian yang menaungi lembaga BUMD di Kota Bandung ini. Mulai dari pembinaan dan pengawasan harus lebih diperketat lagi. Melihat dari Dirut yang saat ini menjabat, saya rasa cukup kooperatif untuk didiskusikan bersama-sama. Selain itu, kepada BUMD juga harus meningkatkan kualitas pelayanan dan inovasi yang menunjang kinerja BUMD ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada BUMD Kota Bandung," kata Iman.

Hasan Faozi, S.Pd meminta agar setiap perangkat daerah memberikan laporan persentase kinerja pada tahun 2021 agar menemukan bentuk solusi dan rekomendasi sebagai acuan untuk perbaikan ke depan. 

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT