Headline News

Selasa, 26 Juli 2022

Bandung Jadi Kota Terbaik untuk Pelajar di Indonesia

BANDUNG - Kota Bandung masuk dalam daftar kota terbaik untuk para pelajar di dunia. Hal itu berdasarkan survei penilaian dari Quacquarelli Symonds (QS) melalui skema QS Best Student Cities 2023 yang dirilis pada 29 Juni 2022.

Jika dibandingkan dengan kota besar lainnya yang juga masuk dalam daftar ini, Kota Bandung menempati posisi teratas kota terbaik untuk pelajar di Indonesia dengan total skor 39.4. 

Dari 140 kota yang masuk dalam daftar kota pelajar terbaik di dunia versi QS, Bandung menempati peringkat 120 dunia. 
Disusul Jakarta yang berada di peringkat 124 dunia dengan total skor 37.5 dan Surabaya pada posisi 126 dunia dengan total skor 37.2. 

Kota Bandung bahkan lebih baik dari Rio de Janeiro Brasil yang berada di peringkat 121 dan ibu kota India, New Delhi (peringkat 129).

Melalui laman websitenya topuniversities.com merilis, kota yang masuk ke dalam pemeringkatan QS Best Student Cities merupakan kota dengan jumlah penduduk paling sedikit 250 ribu jiwa dan memiliki dua universitas terbaik yang masuk dalam pemeringkatan QS World University terbaru. 

Beberapa indikator penilaian kota terbaik untuk pelajar yang dibuat QS antara lain: 

1. University Rankings 

Pada kategori ini, penilaian dilakukan berdasarkan banyaknya universitas di kota tersebut yang masuk ke dalam pemeringkatan QS World University Rankings. 

Penilaian juga dilihat dari seberapa baik universitas-universitas itu tampil di peringkat terbaru. 

2. Student Mix 

Pada kategori student mix, penilaian dilihat dari populasi mahasiswa di kota tersebut. 

Tak hanya mahasiswa dalam negeri, tapi juga mahasiswa luar yang mengikuti program internasional di sana. Kategori ini juga menilai seberapa inklusif kota dan negara tempat kota itu berada. 

3. Desirability 

Acuan pada kategori desirability yaitu seberapa aman kota tersebut dan bagaimana tingkat polusi di sana. Jumlah responden survei terkait siswa yang ingin belajar di kota itu juga menjadi acuan penilaian. 

4. Employer Activity 

Kategori employer activity diukur dari seperti apa lapangan kerja bagi kaum muda di kota tersebut. Lalu, pendapat pengusaha terkait lulusan yang dihasilkan oleh universitas di sana juga menjadi pertimbangan. 

5. Affordability 

Pada kategori affordability, penilaian diukur dari biaya kuliah dan biaya hidup siswa di kota tersebut. 

6. Student Voice 

Kategori student voice didasarkan pada pendapat pelajar tentang keramahan kota, keberlanjutan, dan keragaman. Selain itu, proporsi mereka yang tinggal di kota setelah lulus juga jadi penilaian dalam kategori ini. 

Tak hanya menjadi kota terbaik untuk pelajar, kampus-kampus di Kota Bandung juga masuk dalam kampus terbaik menurut penilaian QS World University Rankings 2023 yang dirilis 8 Juni 2022 silam.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT