Headline News

31 Januari 2023

Kelas Industri Diresmikan, Kadisdik Jabar: Gali Kompetensi dan Asah Soft Skill Siswa

 

BEKASI — Seiring diresmikannya kelas industri SMKN 7 Bekasi, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dedi Supandi berharap, SDM juga ikut meningkat.

“Kita harus menjemput perubahan. Jabar sebagai pusat investasi ASEAN harus memiliki SDM yang disiapkan. Ini adalah bagian untuk membentuk SDM itu,” ucap Kadisdik usai peresmian di SMKN 7 Bekasi akhir Januari lalu.

Dia melanjutan, sekolah harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya melek digitalisasi. Namun, hal tersebut tetap diiringi dengan penguatan karakter bagi siswa.

“Karena, anak didik yang akan bertahan bukanlah yang pintar, tapi yang punya nurani karakter,” ungkapnya.

Salah satu upaya yang ditempuh, tambahnya, yakni diluncurkannya program 7 Hari Berkarakter (Harkat).

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Disdik Jabar, Edy Purwanto pun mengapresiasi dukungan dunia industri untuk mengembangkan pendidikan vokasi siswa.

“Kelas industri diharapkan tak hanya menggali kompetensi siswa, tapi juga mengasah soft skill,” ujarnya.

Edy pun berpesan kepada seluruh SMK yang sudah memiliki kelas industri untuk melakukan pendataan agar bisa digunakan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru Provinsi (PPDB) mendatang.

***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT