Headline News

11 Januari 2023

SMAN 1 Batujajar Gelar Pemilihan Ketua OSIS Secara Digital

 


BANDUNG — Untuk pertama kalinya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Batujajar menggelar pemilihan ketua OSIS, layaknya pemilihan umum (pemilu) menggunakan sistem digital, terdapat bilik suara hingga mencelupkan jari sebagai tanda sudah memilih.

“Selain mengurangi sampah, kita juga bisa mengembangkan potensi anggota (panitia) yang bisa membuat website dan link seperti ini. Kita juga ingin mengenalkan kepada siswa lainnya bahwa sekarang pemilihan bisa dilakukan dengan digital,” papar Ketua Pelaksana Pemilihan Ketua OSIS SMAN Batujajar, Muhammad Nugraha Gilard, Rabu 11 Januari 2023.

Siswa kelas XI itu melanjutkan, pemilu mengajarkannya tentang demokrasi dan belajar mengedepankan asas luber jurdil (langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil).

“Kita juga belajar dari sekarang untuk menetapkan pilihan untuk pemimpin di masa yang akan datang,” ujarnya.

Bagi siswa jurusan MIPA ini, kegiatan tersebut menjadi bekal baginya untuk berpartisipasi dalam pemilu serentak di tahun 2024.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Batujajar, Syaepuddin mengatakan, pemilihan ini mengajarkan siswa tentang demokrasi.

“Selain itu, pendidikan karakter yang diasah juga ada gotong-royong dan rasa saling menghargai,” pungkasnya singkat.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT