Headline News

2 Mei 2023

Hardiknas, Ema Sumarna: Pendidikan Pilar Utama, Tanpanya Dunia Akan Gelap

BANDUNG - Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, pendidikan merupakan pilar utama pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, tanpanya dunia berada pada kegelapan.

Maka di momentum perayaan Hari Pendidikan Nasional, Ema berharap, pendidikan di Kota Bandung terus meningkat dan berkualitas.

"Kami harap pendidikan di Kota Bandung terus berkualitas dan ini menjadi komitmen dari misi kota meningkatkan SDM dan pendidikan menjadi pilar utama, tanpa pendidikan dunia bisa gelap," kata Ema di Balai Kota Bandung, Selasa 2 Mei 2023.

Sebagai bagian dari komitmen Pemkot Bandung, kata Ema, berbagai program terus digulirkan mulai dari peningkatan tenaga pendidikan, kesejahteraan guru, serta peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.

Untuk itu, anggaran pendidikan di Kota Bandung terus ditingkatkan setiap tahunnya. Saat ini, anggaran pendidikan di Kota Bandung mencapai 26 persen dari total APBD.

"Kebijakan Pemkot Bandung kepada dunia pendidikan tidak pernah bergeser malah kita terus berprogress. Contohnya yaitu daya dukung anggaran saat ini di Kota Bandung anggaran bagi pendidikan sebesar 26 persen dari APBD. Ini lebih besar dari amanat UU yakni 20 persen," kata Ema.

Selain itu, Pemkot juga secara konsisten memberikan bantuan keuangan bagi berbagai level pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi.

"Kita sadar pendidikan merupakan salah satu layanan dasar yang harus menjadi perhatian utama. Walaupun di kita ada pembagian kewenangan, untuk SMA ada di provinsi tapi kita juga berikan bantuan keuangan untuk masyarakat di level SMA dan sederajat yang kita serahkan kepada provinsi," katanya.

Ema berharap pendidikan di Kota Bandung terus berkualitas, dan ini merupakan komitmen dari misi kota Bandung yakni meningkatkan SDM.

"Kita berharapkan warga Bandung menjadi warga yang cerdas kuat karakternya. Insyaallah menjadi warga yang berkualitas dan memiliki daya kompetisi," ujarnya. 

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT