Headline News

24 Juli 2023

Kepsek SMAN 2 Bandung: Siswa Harus Mau Beradaptasi Pelajari Budaya di Sekolah

 


BANDUNGSeluruh siswa kelas X SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) serempak menjalani hari pertama masuk sekolah, Senin (24/7/2023) ini.

Tak terkecuali di SMAN 2 Bandung. Sebanyak 432 peserta didik baru menjalani hari pertama sekolah yang diisi pembinaan dan pembagian kelas.

Kepala SMAN 2 Bandung, Yanyan Supriatna mengarahkan seluruh siswa baru untuk bisa beradaptasi di sekolah baru. "Siswa harus mau beradaptasi, salah satunya dengan mempelajari budaya di sekolah," tuturnya saat ditemui di sekolah.

Terutama di SMAN 2 Bandung, Yanyan mengungkapkan, sedang dilakukan pengembangan program climate school, yakni sekolah berbasis lingkungan. "Lifestyle anak-anak kita arahkan agar ramah lingkungan. Seperti, tidak membawa kemasan plastik untuk makan dan minum, tetapi membawa tumblr dan tempat makan dari rumah," tuturnya. 

Selain itu, sebagai sekolah yang memiliki ruang terbuka hijau luas, Yanyan mengingatkan siswa untuk bisa menjaga lingkungan. Sehingga, di minggu pertama ini, siswa kelas X akan difokuskan pada informasi kelas, pengenalan wali kelas serta penguatan disiplin untuk menciptakan siswa berakhlak mulia dan memiliki budi pekerti luhur.

Ia juga memberi semangat kepada para guru yang akan menjadi orang tua peserta didik baru di sekolah. "Ini hal yang menyenangkan di dunia pendidikan. Dari tahun ke tahun, guru menerima siswa dengan karakter yang berbeda-beda. Tantangannya di situ," ungkapnya. 

Salah satu siswa, Fahrul Ramadan mengaku, di masa putih abu-abu ini ia bertekad membanggakan nama sekolah dengan menjadi siswa yang lebih disiplin dalam segala hal. 

Ia juga merasa bahagia sebab di sekolah ini ia bertemu kembali dengan teman masa kecilnya saat sekolah dasar. "Perasaan hari pertama ini seneng banget soalnya sekelas bareng teman-teman SD lagi. Dulu sekelas, sekarang sekelas lagi," tutup siswa yang bercita-cita menjadi polisi ini.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT