Headline News

20 Desember 2023

Hadapi Dunia Industri, Siswa SMK Teknologi Industri Pembangunan Cimahi Dilatih Mental dan Fisik



CIMAHI - SMK Teknologi Industri Pembangunan Cimahi menggelar Pembinaan Fisik dan Mental, Rabu (20/12/2023). Agenda tahunan tersebut bertujuan membekali  siswa kelas XII yang akan melaksanakan praktik kerja lapangan.

Kegiatan yang berlangsung selama sepekan ini difasilitasi oleh anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Para siswa dilatih tentang kesiapan fisik, kedisplinan, ketahanan mental, baris-berbaris, kekompakan, dan masih banyak lagi. Meski demikian, kegiatan dikemas dengan serius tapi santai sehingga pembinaan memberi kesan menyenangkan bagi para siswa. 

Kepala SMK Teknologi Industri Pembangunan Cimahi, Febry Kristianggoro Yugo menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberikan penguatan mental dan fisik bagi para siswa sebelum belajar di industri. "Jadi, skill sudah dibekali di masa pembelajaran, secara mental dan fisik kita kembangkan di sini," katanya.

Febry meyakini, penguasaan kompetensi harus diiringi dengan peningkatan karakter, soft skill, dan atittude (sikap) yang baik sebagai bekal di masa depan. "Skill dan kompetensi yang didampingi atittude dan karakter yang bagus akan menjadi kombinasi sempurna," tegasnya.

Selain inisiatif sekolah, Febri mengatakan, pembinaan yang sudah diemban oleh angkatan ke-20 ini juga merupakan bagian evaluasi dari industri. "Tiap selesai PKL, pihak industri memberikan masukan dan evaluasi, salah satunya penguatan fisik dan mental," ungkapnya. 

Kegiatan tersebut, tambahnya, terdiri dari tiga tingkatan. Yakni, pendidikan dasar saat kelas X, pendidikan semi (menengah) saat kelas XI, dan pendidikan lanjutan saat siswa menginjak kelas XII.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT