Headline News

5 Maret 2024

SMAN 5 Bandung Gelar Panen Karya DIMOSYMFONIA

 



BANDUNG - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 merupakan salah satu implementasi dari kurikulum merdeka. Seperti yang dilakukan pada kegiatan P5 SMAN 5 Kota Bandung yang kali ini mengusung tema suara demokrasi. Dituangkan dalam bentuk tampilan drama musikal, berjudul “Dimosymfonia”,  bertempat di Gedung Kesenian Rumentansiang, Jalan Baranangsiang No 1, Kota Bandung, (Senin, 4 Maret 2024).

Azhar Majid Hidayat, koordinator P5 SMAN 5 Bandung, menjelaskan bahwa “Dimosymfonia” sendiri diambil dari kata Dimo yang berarti demokratis/demokrasi dan Symfonia yang menguatkan penuangannya di bidang seni.

Pesertanya merupakan siswa kelas XI A hingga kelas XI J yang berjumlah 360 orang.

Kegiatannya dimulai dari pukul 08.00 sampai pujul 17.00 WIB dan berlangsung selama satu hari.

“Sebelum sampai ke pentas drama, para siswa melaksanakan kunjungan terlebih dahulu ke gedung DPRD Jawa Barat di Bandung, pada Januari kemarin untuk mendapat pengalaman langsung. Bagaimana berlangsungnya sistem pemerintahan,” kata Azhar.

Lalu mengamati permasalahan di lingkungan rumah dan sekitarnya, sekolah atau kampus dan pemerintahan.

Kata Azhar, dalam pengamatan ini, harus ada unsur yang menyuarakan demokrasi di setiap lingkupnya.

Kemudian persiapan P5 nya berlangsung selama satu bulan, dari akhir Januari hingga awal Maret 2024.

“Siswa kami sempat terlalu kritis berpikirnya, sedangkan waktu itu masih dalam suasana masa pemilu. Jadi kita arahkan siswa boleh menyuarakan demokrasi tanpa menyindir paslon (calon presiden dan wakil presiden yang berjumlah tiga paslon). Itu juga merupakan salah satu tantangan bagi kami para guru,” kata Azhar.

Ide dalam menyuarakan demokrasi sangat banyak dari siswa SMAN 5 Kota Bandung yang berpikir kritis. Sehingga mereka sempat merasa dibatasi pemikirannya. Namun Azhar tetap memberi tahu koridor mana yang boleh dan tidak boleh untuk ditampilkan.

Selain itu, tantangan lainnya kata Azhar adalah mengkoordinir seluruh siswa agar terlibat dalam kegiatan P5.

“Sebenarnya kita banyak opsi untuk menampilkan P5 ini. Namun kita pilih drama musikal agar lebih efektif, lebih cair dan dapat ditangkap hasil pemikiran para siswa oleh penonton dalam menyuarakan demokrasi,” kata Azhar.

Moza Khadega siswi kelas XI B, yang berperan sebagai deklamator pembaca puisi dalam penampilan drama kelasnya berjudul “Distopia” menyampaikan tanggapannya.

“Bangga bisa tampil dalam sebuah drama musikal. Kelas kami tampil di urutan pertama. Alhamdulillah drama kelas kami juga lancar saat penampilan berlangsung. Merasa lega kegiatannya sudah selesai. Karena memang cukup ribet persiapan P5 ini,” ujar Moza.

Moza mengaku banyak lika-liku yang dihadapi saat persiapan sebelum puncak acara, drama musikal. Seperti perdebatan antar teman, namun seiring berjalan waktu akhirnya bisa menyatu demi menampilkan yang terbaik.

Kepala SMAN 5 Kota Bandung, Heru Ekowati, M.Pd., menjelaskan maksud dari kegiatan ini

“Kegiatan ini intinya lebih kepada kolaborasi antar siswa yang amat sangat penting. Bagaimana mereka meraih dan merangkul semua temannya, untuk aktif, khususnya di dalam kegiatan ini,” kata Heru.

Lanjut Heru kegiatan P5 dalam bentuk drama musikal ini bisa terlaksana di Gedung Kesenian Rumentangsiang, berkat kerjasama yang solid antara pengurus komite sekolah dengan para orangtua siswa.

Heru berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa kreatif ke setiap siswa. Di samping itu menumbuhkan keberanian yang terarah serta tetap santun

“Dalam arti masih berada dalam koridor yang baik,” pungkas Heru.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT