Headline News

2 Maret 2016

Oded: Ada 5 Strategi Penanggulangan Kebakaran di Kota Bandung

Bandung,  SIBER -  Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menjadi pembicara mewakili Kota Bandung bersama dua kota lain dari Surabaya dan Kabupaten Siak dalam acara rapat koordinasi (rakor) nasional dengan tema penguatan kapasitas pemerintah daerah dalam pengurangan resiko kebakaran di daerah kabupaten dan kota di Hotel Prata Jasa, Selasa (1/3/2016). 


Rakor nasional tersebut merupakan bagian dari Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke 97 yang diikuti oleh seluruh pemadam kebakaran Indonesia yang digelar di lapangan Simpang Lima Semarang.


Dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Prof. Suprapto, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial memaparkan strategi penanggulangan bencana kebakaran khususnya di Kota Bandung. 


Oded mengungkapkan hal-hal yang menjadi strategi pemerintah dalam penanggulangan bencana kebakaran diantaranya selain mengoptimalkan peran pemerintah internal di wilayah kota tetapi mengoptimalkan sekitar wilayah perbatasan khususnya seputar Bandung Raya. 


"Kita melakukan silaturahmi, menjalin hubungan baik dengan wilayah tetangga kita, jadi ketika ada bencana kebakaran di wilayah kita, pemadam Kebakaran dari Kota lain datang dan saling membantu," paparnya.


Lebih lanjut Oded mengatakan ada 5 hal yang dapat meningkatkan peran dinas, pertama menerapkan tiga pilar inovasi, desentralisasi dan kolaborasi, kedua, meningkatkan koordinasi antar lembaga, sistem komunikasi, proses penyuluhan, dan menjalin silaturahmi dengan wilayah perbatasan.


Oded menambahkan beberapa hal sistem komunikasi dan koordinasi dalam penganggulangan bencana lewat Bandung Comand Centre (BCC) yang terkoneksi hingga ke kewilayahan kecamatan. Hal tersebut terbilang sangat efektif.


Tak hanya itu pemberdayaan motor-motor penyiram tanaman di kewilayahan, yang dapat difungsikan menjadi alat pemadam pertama untuk menjangkau wilayah yang sulit diakses menjadi solusi alternatif.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT