Headline News

19 Februari 2019

Melalui Citarum Expo, Bjb Dukung Citarum Harum Juara

Soreang, SIBER - Bank bjb sebagai bank mitra pemerintah daerah provinsi Jawa Barat, turut mendukung program Citarum Harum Juara. Hal tersebut dibuktikan dengan penyelenggaraan Citarum Expo 2019 bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/2019).

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) serta dimeriahkan oleh perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang dilintasi Sungai Citarum, perusahaan yang bersinggungan dengan keberadaan aliran sungai Citarum, para penggerak tokoh masyarakat, LSM, perguruan tinggi, dan stakeholder terkait lainnya.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko, Agus Mulyana, yang melaksanakan tugas sebagai Direktur Utama bank bjb, mengatakan pihaknya akan terus mendukung program Citarum Harum Juara, sebagai penyelarasan dukungan terhadap program pemerintah.

"Citarum seperti nadi di Jawa Barat yang menghidupi banyak masyarakat. Kelak akan menjadi penggerak roda perekonomian di masyarakat dan pastinya akan menjadi potensi bisnis bagi bank bjb," tutur Agus disela Citarum Expo 2019.

Dipaparkannya, dalam satu tahun ini, pelbagai upaya untuk mengembalikan Citarum menjadi sungai bersih, asri dan airnya laik dikonsumsi oleh masyarakat.

"Bank bjb akan menjadi yang utama mengawal dan turut melakukan perbaikan lingkungan hidup khususnya di DAS Citarum demi kehidupan masyarakat Jawa Barat yang lebih baik, hal ini semata-mata merupakan tandamata untuk negeri dari bank bjb," ujarnya.

Sungai Citarum merupakan sungai strategis nasional sebagai kesatuan ekosistem alami yang utuh dari hulu hingga hilir beserta kekayaan sumber daya alam dan sumber daya buatan merupakan karunia. Sungai Citarum membentang 269 km mulai dari Situ Cisanti, Kec. Kertasari, Bandung (hulu) sampai Muara Gembong, Bekasi (hilir).
Sampai dengan saat ini Citarum merupakan contoh sungai yang sedang mengalami krisis akibat alih fungsi lahan di hulu dan berbagai limbah di kawasan tengah hingga hilir.

Upaya revitalisasi sungai Citarum, sebelumnya berslogan Citarum Bergetar, Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program (ICWRMIP), Citarum Bestari, Citarum Harum.

Citarum Expo ditujukan untuk mendata ulang siapa serta apa yang sedang dan telah dikerjakan untuk upaya revitalisasi Sungai Citarum sekaligus perumusan finalisasi rencana aksi Citarum Harum Juara dan perwujudan semangat kolaborasi seluruh stakeholder dalam penanganan Citarum yang dirangkaikan dengan penandatanganan naskah komitmen kerja sama atau Rencana Aksi Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan (PPPK) di DAS Citarum.

Citarum Expo diadakan karena melihat kondisi lingkungan hidup khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum semakin tercemar berat. Sehingga diperlukan upaya dan gerakan nyata dalam sinergitas penyelesaiannya serta pengelolaan Sungai Citarum secara terintegrasi, hampir 60-70 persen limbah domestik mencemari Sungai Citarum.

Hal tersebut terindikasi dari jumlah total limbah fecal koliform (Ecoli) yang lebih tinggi bahkan ribuan kali dari standar yang dipersyaratkan.

Pada Citarum Expo 2019 juga dilaksanakan FGD (Focus Group Discussion) yang menghasilkan lima rencana besar. Seperti rehabititasi lahan kritis, pengolahan limbah domestik, pengolahan limbah industri, penataan sungai (kaitan pemanfaatan ruang) dan penegakkan hukum lingkungan.

Rencana aksi ini lalu dibuatkan menjadi sebuah buku sebagai cetak biru yang diberikan pada Gubernur Jawa Barat sebagai Dansatgas oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. Cetak biru ini sebagai rencana atau pedoman untuk melakukan upaya pengendalian perusakan dan pencemaran sungai Citarum. Red

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT