Headline News

Jumat, 03 Januari 2020

Pakan Alternatif Inovasi Mahasiswa ITB, Solusi Kurangi Biaya Pakan Mahal

Kab. Bandung, SIBER - Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo berencana menggunakan solusi pakan alternatif, inovasi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), guna mengurangi biaya mahal pakan yang dialami pembudidaya ikan. 
"Kendala yang dialami pembudidaya ikan adalah pakan yang mahal. Bisa mencapai 70 persen, ongkos habis di pakan. Maka, kita harus berani mengambil langkah tadi, yaitu alternatif pakan yang ditemukan oleh mahasiswa ITB. Kita akan coba," ucap Edhy.
Rencana Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo tersebut pun disambut baik Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum. Menurut Uu, selain modal dan alat usaha, pembudidaya ikan juga sangat membutuhkan ilmu untuk mengubah pola pikir yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan.
"Kita juga perlu mengedukasi peternak ikan, bukan hanya modal dan alat. Dengan ilmu, pola pikirnya akan berubah. Kalau hanya bantuan tanpa ilmu, kami khawatir modal diberikan tapi kesejahteraan petani tidak meningkat," ujar Uu, saat mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan ke tempat budi daya ikan air tawar di Kampung Parung Serab, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (2/1/2020).
Selain itu, Uu berharap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melirik para santri di pesantren dalam mengembangkan sektor perikanan, sekaligus mendorong program One Pesantren One Product (OPOP) di Jabar. Pasalnya, jumlah pesantren di Jabar mencapai 10 ribu. Sehingga, jika para santri diberikan ilmu dan modal, sektor budi daya ikan dan kesejahteraan santri pun akan meningkat.
"Jadi, jangan petani ikan saja, pesantren pun diberi bantuan agar program OPOP bisa lebih cepat sukses," pungkasnya.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT