Headline News

Sabtu, 22 Februari 2020

Ekstrem, Bentuk Baku dalam Bahasa Indonesia

Bandung, SIBER - Bagi sebagian orang, kata ekstrim atau ekstrem masih merupakan kata yang membingungkan. Sebenarnya, manakah kata yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD) di antara kedua kata tersebut. Mari kita lihat penjelasannya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang tepat adalah ekstrem/ek·strem/ /ékstrém/ a 1 paling ujung (paling tinggi, paling keras, dan sebagainya); 2 sangat keras dan teguh; fanatik: mereka termasuk golongan -- dalam pendirian mereka.
Pada Analisis Bahasa kali ini, kita sudah tahu bahwa penggunaan kata yang tepat adalah ekstrem, bukan ekstrim. 
Berikut saya tulis kalimat yang menggunakan kata ekstrem menyadur dari salah satu buku karya penulis tersohor, Tere Liye. "Semua ini sangat menyakitkan. Hatinya tercabik-cabik. Lail tidak pernah takut melewati musim panas ekstrem. Gadis itu lebih takut melewati musim semi yang indah tanpa Esok bersamanya."

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT