Headline News

23 Februari 2020

SMAN 1 Beber Gelar Pertunjukan Seni Sunda

Bandung, SIBER - Memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang diperingati setiap 21 Februari, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Beber Kabupaten Cirebon menggelar Pertunjukan Seni Sastra Sunda, Jumat (21/2/2020). 
Ada berbagai pertunjukan senior Sunda yang dibahas di lapangan sekolah tersebut. Diambil, maca sajak, nembang  kawih sunda, biantara, sisindiran , tari kreasi jaipong, dan sajak berantai basa sundaa.
Kepala SMAN 1 Beber, Rudianto mengatakan, kegiatan ini mendukung penguatan kearifan lokal dan budaya daerah. Selain itu, momentum Hari Bahasa Ibu ini menyediakan pelajaran untuk generasi muda untuk melestarikan budaya daerah, khusus bahasa.
"Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus bisa melindungi budaya lokal dan menguatkan jati diri bangsa," ucapnya.
Menurut Rudianto, seiring berkembangnya zaman, penggunaan bahasa daerah mulai tersisihkan karena arus modernisasi dan globalisasi yang sangat cepat. Membantu, sebagai lembaga pendidikan, sekolah harus melibatkan siswa yang sedang aktif melestarikan bahasa daerah. "Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan warisan budaya dapat dipelihara oleh generasi muda," harapnya.
Salah seorang siswa, Ai Devitasari mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari kegiatan tersebut. Sebagai generasi muda, ia mengungkapkan sangat menantang budaya daerah. Kedah ngamumule oge mikacinta budaya, bahasa jeung kesenian. Sangkan budaya urang teh teung leungit najer kamalangan ," tutur siswa kelas XII tersebut. *

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT