Headline News

Kamis, 13 Februari 2020

Lembap, Bukan Lembab


Bandung, SIBERDalam percakapan sehari-hari, kita mungkin sering menemukan kata lembap dan juga lembab. Sehingga, tidak sedikit dari kita yang bertanya-tanya, manakah penulisan yang benar dan baku, apakah lembap atau lembab? 

Mari kita lihat contoh kalimat berikut:
A. Karena hujan kemarin, tanah masih lembap.
B. Suhu udara hari ini sangat lembab.

Menurut Anda, mana kata yang lebih tepat? Kalimat A yang menggunakan kata lembap atau kalimat B yang menggunakan kata lembab?
Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penggunaan kata yang tepat adalah lembap/lem·bap/ a 1 mengandung air (tentang hawa dan sebagainya); tidak kering benar (tentang tembakau dan sebagainya).
Nah, pada Analisis Bahasa kali ini kita sudah tahu bahwa penggunaan kata yang tepat adalah lembap, bukan lembab. Mulai sekarang, yuk cintai bahasa Indonesia dengan belajar menggunakannya sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar!*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT