Headline News

Jumat, 14 Februari 2020

Berbagi Kasih Sayang di Festival Ghifari SMAN 4 Bandung


Bandung, SIBERUntuk kedelapan kalinya, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Bandung menyelenggarakan Festival Ghifari. Kegiatan tahunan tersebut berlangsung di lingkungan sekolah, Jln. Gardujati No. 20, Kota Bandung, mulai 13-14 Februari 2020.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, salah satu rangkaian kegiatan tahun ini menggelar khitanan massal. Total, ada 56 anak yang berasal dari Kecamatan Andir yang mengikuti acara khitanan tersebut.  
Selain itu, acara ini diisi ceramah dan perlombaan bidang islami. Tahun ini, ada 12 mata lomba yang digelar. Yakni, musabaqah tilawatil Quran, musabaqah hifzil Quran, cerdas cermat Islam, kaligrafi, azan, lomba rangking satu, kreasi busana muslim, cerita islami, dakwah, desain poster dan nasyid serta simulasi pernikahan. Perlombaan tersebut diikuti seluruh siswa SMAN 4 Bandung.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika yang hadir dalam acara puncak Festival Ghifari hari ini, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Kadisdik, kegiatan di sekolah memang harus diisi dengan hal-hal positif dan bermanfaat bagi siswa. "Sekaligus harus mampu meningkatkan karakter baik bagi siswa dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.
Melalui kegiatan khitanan massal, lanjut Kadisdik, menunjukkan bahwa berbagi kasih sayang bisa dilakukan setiap hari dan kepada siapa saja. Alih-alih merayakan Hari Valentine, Kadisdik mendorong seluruh satuan pendidikan untuk menggelar kegiatan yang lebih bermanfaat.
"Beberapa sekolah di Jabar juga tengah melakukan berbagai kegiatan kesiswaan seperti ini. Ada khitanan massal, donor darah, dan datang ke panti asuhan. Sekolah bisa mengarahkan anak-anak untuk mengikuti kegiatan yang lebih positif," ujar Kadisdik.
Kadisdik pun mengucapkan terima kasih kepada pihak SMAN 4 Bandung yang telah menyelenggarakan pendidikan dengan cukup baik. "Terima kasih kepada guru dan tenaga pendidik di sini. Harus tetap semangat dan memberi teladan. Bagi anak-anak, jadilah manusia yang membanggakan untuk diri sendiri, keluarga, dan masyarakat," ucapnya.
Kegiatan puncak Festival Ghifari ini dihadiri pula oleh Asisten Daerah (Asda) Jabar Bidang Administrasi, Dudi Sudrajat Abdurachim yang mewakili Gubernur Jabar, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII, Endang Susilastusi serta kepala sekolah di lingkungan wilayah VII.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT