Headline News

Kamis, 05 Maret 2020

Sontek dan Menyontek


Bandung, SIBERKita sering menganggap bahwa bentuk dasar kata "menyontek" adalah "contek", yang kemudian kita kenal dengan kata "contekan". 

Mencontek memang kata yang lazim digunakan oleh kita, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Padahal jika merujuk pada kegiatan menjiplak, menurut Kamus Besar Bahasa  Indonesia (KBBI), kata contek yang baku adalah sontek2/son·tek/ /sonték/ v, menyontek/me·nyon·tek/ v mengutip (tulisan dan sebagainya) sebagaimana aslinya; menjiplak.
sontekan/son·tek·an/ n hasil menyontek; bahan (tulisan) yang dicontek.
Contoh: Karena malas belajar, setiap ujian ia selalu menyontek.
Sebenarnya, banyak kata lain yang mungkin sudah kita anggap benar penulisannya, namun ternyata tidak baku. 
Nah, mulai sekarang, kita sebagai pengguna bahasa Indonesia, terutama penulis harus sering membuka kamus agar tidak terjadi kesalahan dalam menggunakan kata-kata tertentu.*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT