Headline News

14 Oktober 2020

Wakil Walikota Bandung Berharap Harga Swab Test Lebih Terjangkau

BANDUNG - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap terdapat harga swab test atau tes usap bisa lebih terjangkau. Bahkan jika memungkinkan, tarifnya di bawah harga Rp900 ribu seperti yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Itu kan batas atas Rp900 ribu. Kalau memang bisa di bawah itu, ya mudah-mudahan bisa mempercepat tes masif kepada masyarakat," ujar Yana di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 14 Oktober 2020.

Menurut Yana, tempat kesehatan bisa menyediakan alat tes. Sehingga masyarakat bisa memeriksakan diri secara mandiri.

Tak hanya itu, ia berharap, tidak ada klinik yang menetapkan harga yang di atas, ketentuan pemerintah pusat.

"Dinas Kesehatan nanti menegur, karena regulasinya sudah jelas itu batas atas. Mungkin ada sanksi dari dinas," tegasnya.

Perlu diketahui, Keputusan Kemenkes melalui Surat Edaran Nomor HK. 02.02/1/3713/2020 yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2020, itu dilakukan agar bisa mengontrol serta menanggulangi perbedaan harga di laboratorium secara nasional.

Penetapan harga tes swab tersebut, telah ditetapkan bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKB) dan telah mempertimbangkan berbagai macam komponen, seperti jasa pelayanan, komponen bahan habis pakai atau reagen, komponen biaya administrasi dan beberapa komponen hukum lainnya.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT