Headline News

7 April 2021

Bank bjb Dukung Kota Cirebon Menuju Smart City




CIREBON, SIBER --
Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendukung pengembangan transaksi pembayaran secara digital dengan membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Pemkot Cirebon tercatat sebagai Pemerintah Daerah pertama di Jawa Barat yang menandatangani TP2DD.

Pembentukan TP2DD Kota Cirebon dilakukan di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Kamis, 1 April 2021. Acara tersebut dihadiri antara lain oleh Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi, Kepala Bank Indonesia KPW Cirebon Bakti Artanta, Pemimpin bank bjb Kantor Wilayah III Nunung Suhartini dan Pemimpin bank bjb Kantor Cabang Cirebon Budi Jamaludin. 

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, menyatakan pihaknya senantiasa berkomitmen untuk mendukung pengembangan transaksi pembayaran secara non tunai. Untuk itu, ia mengajak kepada semua pihak untuk menjadikan TP2DD sebagai wadah koordinasi pemerintah dan pihak terkait dalam mengembangkan digitalisasi transaksi di lingkungan Pemda Kota Cirebon.

Dalam rangka menggiatkan pembayaran secara digital, terdapat QRIS yang akan mempermudah nasabah, pemangku kepentingan, ASN, serta swasta dalam melakukan transaksi non tunai. Pemda Kota Cirebon mendukung dukung Elektronifikasi Transaksi Pemerintahan Daerah (ETPD) antara lain dengan memberlakukan retribusi pasar, parkir, KIR menggunakan kanal pembayaran QRIS (QR code Indonesia Standard). 

bank bjb sebagai bank milik masyarakat Jawa Barat yang mengelola rekening Pemerintah Kota Cirebon ikut serta dalam pengembangan transaksi pembayaran secara digital tersebut.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, mengatakan langkah kolaborasi dan inovasi ini selaras dengan napas utama bank bjb sebagai agen perubahan nasional. Melalui perannya sebagai salah satu leading innovator, bank bjb akan terus mendukung penuh upaya transformasi Kota Cirebon menuju smart city.

"bank bjb memberikan dukungan penuh terhadap upaya Pemerintah Kota Cirebon dalam mengoptimalisasi pelayanan publik melalui digitalisasi di berbagai lini. Ini merupakan langkah yang sangat positif sekaligus contoh yang baik bagi pemerintah daerah lain di Indonesia. Proses adaptasi dengan pemanfaatan perangkat teknologi merupakan hal yang niscaya perlu dilakukan untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman demi menciptakan pelayanan publik yang lebih praktis, efektif, efisien, dan akuntabel," kata Widi.

Secara rinci, layanan QRIS bank bjb yang telah diimplementasikan sebagai alat bayar digital hadir di beberapa tempat, dimana saat ini yang telah berjalan aadalah untuk pembayaran retribusi pasar, Puskesmas, tempat parkir, terminal, dan pembayaran sejumlah BUMDes Smart.

Untuk kebutuhan pajak daerah, layanan QRIS bank bjb ini dapat dinikmati untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara online. Pemerintah juga akan menerapkan pembayaran QRIS ini pada untuk pembayaran retribusi sampah.

Seluruh rangkaian upaya digitalisasi menuju smart city ini diharapkan dapat menumbuhkan dan mendorong perekonomian di Kota Cirebon dengan memanfaatkan arus digitalisasi ini sebagai kesempatan untuk berkembang dan maju melalui proses adaptasi yang cepat dan tepat.

TP2DD ini diharapkan terjadi sinergi positif di antara para stakeholder di seluruh Kota Cirebon terutama Pemda Kota Cirebon dengan mentransformasikan pola penerimaan baik pajak maupun non pajak menjadi elektronifikasi bahkan digital untuk mengefisienkan penerimaan dan penerimaan asli daerah meningkat. 

*

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT