Headline News

15 November 2022

Masifkan Buruan Sae, Pemkot Bandung Siap Hadapi Krisis Pangan dan Resesi

BANDUNG - Hari pertama G20 sedang berlangsung saat ini, Selasa 15 November 2022. Isu yang santer dibahas para petinggi negara di sana yakni krisis pangan.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, pentingnya memasifkan program Buruan Sae di tiap lingkungan rumah.

"Di Kota Bandung dengan melakukan kegiatan Buruan Sae secara masif, mudah-mudahan bisa memenuhi sebagian dari kebutuhan pangan di Kota Bandung," ujar Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung.

Sebab, selama ini sebanyak 96,7 persen kebutuhan pangan Kota Bandung dipenuhi dari luar daerah. Sehingga ia berharap, melalui Buruan Sae minimal beberapa komoditas terpenuhi oleh masyarakat sendiri.

"Saya lihat semangat itu ada di masyarakat. Mudah-mudahan kita semakin berkurang ketergantungan pangan dari daerah lain," harapnya.

Pandemi dan resesi global dikhawatirkan muncul isu krisis pangan karena kemungkinan produksi pangan dengan iklim seperti sekarang akan terganggu. 

"Suplai dari negara penghasil juga akan terbatas. Mungkin mereka juga akan memenuhi untuk kebutuhan negerinya sendiri," ucapnya.

Ia menyatakan, stok kebutuhan pangan di Kota Bandung aman tersedia. Meski ada beberapa komoditas bahan baku seperti kacang kedelai yang kini tengah 'serat' di pasaran.

"Kalau itu faktornya arena suplai dari negara penghasilnya juga terganggu. Kita berharap semoga tidak berlangsung lama," imbuhnya.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT