Headline News

23 Februari 2023

SMAN 20 Bandung Gelar Kegiatan Wingsati Puspa, Memupuk Kecintaan Pada Budaya Sunda



BANDUNG - Memperingati Hari Bahasa Ibu Sedunia, SMAN 20 Bandung menggelar kegiatan "Wingsati Puspa", Kamis (23/2/2023). 

Acara bertema adat Sunda tersebut diisi berbagai rangkaian kegiatan yang bertujuan memupuk kecintaan siswa pada budaya Sunda.

Kegiatan dibuka dengan penampilan wayang golek, tari jaipong, dan janaka Sunda yang berkolaborasi dengan Tarawangsa Sunda. 

Selain itu, para siswa menjajakan makanan khas Tanah Parahyangan dalam expo kewirausahaan. Tak lupa, mereka juga mengenakan pakaian adat Sunda, seperti kebaya dan pangsi.

Guru Bahasa Sunda SMAN 20 Bandung, Ai Sumiati menuturkan, Wingsati Puspa berarti mekarnya kembang (dalam hal ini siswa) yang inovatif dan kreatif. Tak kurang, ada 18 stan yang menjajakan 83 makanan khas Sunda. "Kegiatan ini juga jadi ujian praktik untuk pelajaran bahasa Sunda pada ujian tengah semester ini," tuturnya saat ditemui di sekolah, Jln. Citarum No.23, Kota Bandung.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, diharapkan mendorong generasi muda untuk kembali menggunakan bahasa Sunda dalam keseharian. Sebab, dalam mempelajari bahasa Sunda tak cukup jika hanya dilakukan di dalam kelas.

"Secara tidak langsung, mereka tadi dalam pelayanannya menggunakan bahasa Sunda. Tampilan-tampilannya juga nyunda, kesenian dan pakaiannya juga Sunda, ini merupakan salah satu pembelajaran untuk anak-anak kita di generasi mendatang," terangnya.

Ia pun menegaskan, jangan sampai generasi saat ini tak mengenal jati dirinya sendiri. "Seperti peribahasa Sunda, ulah nepi jati kasilih ku junti," tegasnya

Siswa SMAN 20 Bandung, Muhammad Razi Albani mengaku, kegiatan ini penting bagi siswa sebab mendorong generasinya untuk kembali mencintai bahasa ibu. "Dasarnya bahasa Sunda itu harus dilestarikan. Di sini, kita sebagai pelajar, calon penerus bangsa harus memelihara kebudayaan," ungkap siswa kelas XI MIPA 3.

Ketua OSIS SMAN 20 Bandung ini pun mengajak seluruh siswa untuk merawat budaya di tengah gempuran modernisasi.***

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT