Headline News

9 Januari 2024

SMK Pariwisata Telkom Kota Bandung Menuju Sekolah Vokasi Unggul



BANDUNG -  Kepala SMK Pariwisata Telkom Kota Bandung, Khadafiah Hilmi, S.Pd., M.M., menjelaskan bahwa pada semester genap ini, bagi siswa kelas X dan XI sudah memasuki pembelajaran praktikum. Sedangkan siswa kelas XII siap-siap untuk melakukan uji kompetensi.

Lalu pada bulan Maret 2024, akan dilangsungkan wisuda tahfiz, bagi 30 siswa. Mereka umumnya sudah hafal Al Qur’an, sebanyak satu sampai sepuluh juz.

 

“Sebagai sekolah pariwisata kami pun ingin menanamkan nilai-nilai keagamaan. Keinginan orangtua siswa juga dan didukung oleh para guru. Sudah dirintis sejak dua tahun ke belakang,” kata Oka, Kepala SMK Pariwisata Telkom Bandung, biasa disapa, Senin (8/1/2023).

Masih dalam rangkaian kegiatan program unggulan lainnya dilakukan pembentukan karakter mental, fisik, keterampilan dan kecantikan.

Program lainnya ingin terus meningkatkan sumber daya manusianya, agar para guru lebih terbuka terhadap perubahan dengan metode dalam satu pelajaran ada dua guru di dalam kelas.

“Itu juga keunggulan kami, satu pelajaran ada dua guru yang masuk, guru pengampu serta guru peninjau. Sudah dilaksanakan sejak awal tahun ajaran 2023/2024”, kata Oka yang pada bulan Januari 2024, tepat empat tahun menjadi Kepala SMK Pariwisata Telkom.

Bertujuan agar pembelajarannya lebih optimal, para guru juga bisa saling mengkoreksi, berdiskusi berkolaborasi, dan melakukan evaluasi setiap sudah mengajar.

Ia pun mencontohkan mengenai pelajaran public speaking yang melibatkan guru bahasa bahasa Indonesia, Sunda, Inggris dan Jerman.

Dari penjelasan Oka hal tersebut agar pelajaran bahasa lebih aplikatif bukan hanya teori saja.

“Mata pelajaran public speaking di dalamnya ada guru bahasa Indonesia, Sunda, Inggris dan bahasa Jerman, sehingga para siswa bisa lancar berbahasa, juga cakap membuat presentasi, surat menyurat, termasuk ada unsur seni budayanya”, kata Oka.

“Bertahun-tahun belajar bahasa harus bisa diaplikasikan,” imbuhnya.

Program lainnya yakni setiap Senin pagi setelah apel, siswa kelas XII melakukan presentasi, menceritakan dan berbagi pengalaman dengan adik kelasnya, mengenai praktek kerja di industri.

Lanjutnya ada 30 industri pasangan yang dijadikan tempat prakerin bagi siswa kelas XII dari jurusan kuliner, perhotelan dan usaha layanan pariwisata, selama enam bulan dari bulan Juli sampai Desember 2023.

Keunggulan lainnya memiliki program khusus prestasi siswa, melalui coaching cleanic, yakni mamadukan pembelajaran di sekolah dan industri.

“Itu agar anak kuat mental dan meningkat keterampilannya, sehingga siap dalam menghadapi dan mengikuti setiap lomba, seperti lomba kompetensi siswa (LKS),” jelasnya.

Oka pun mengungkapkan bahwa siswa SMK Pariwisata Telkom Kota Bandung, bisa dikatakan sering menjadi juara LKS.

“Pada tahun 2021 juara kesatu LKS Jabar, lalu juara kesatu LKS tingkat nasional atas nama Claudia untuk mata lomba kuliner. Claudia juga akan mewakili Indonesia di ajang WorldSkills Competition 2024”, imbuhnya.

Dari informasi yang didapat WorldSkills Competition tahun 2024 rencananya akan dilaksanakan di Lyon, Prancis, September mendatang.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT