Headline News

24 April 2024

HUT ke-74, Satpol PP Kota Bandung Fokus Jaga Ketertiban Masyarakat

BANDUNG - Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung fokus pada menjaga ketertiban dan melindungi masyarakat. Termasuk meredam potensi konflik.

"Petugas Satpol PP memiliki peran penting dalam roda pemerintahan, yakni menjaga Peraturan Daerah dan Peraturan kepada Daerah (Perkada) tetap berjalan," ujarnya Hikmat pada Upacara HUT Ke-74 Satpol PP dan HUT Ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat Tingkat Kota Bandung, di Pusdikhub Kodiklat TNI AD, Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, Rabu 24 April 2024. 

Ia mengungkapkan, semua aturan daerah itu harus ditegakkan demi terwujudnya ketertiban umum, ketenteraman masyarakat, serta keamanan kota.

"Di satu sisi, Satlinmas fokus pada menjaga ketertiban dan melindungi masyarakat. Dengan demikian, tugas pokok dan fungsi Satpol PP dan Satlinmas sangat beririsan," kata Hikmat.

Hikmat menyampaikan, petugas Satlinmas juga dilatih dan dibina oleh Satpol PP agar kapasitas dan kapabilitasnya sebagai orang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat terus meningkat.

"Kepada Satpol PP agar terus bekerja sama dengan Satlinmas agar kota bandung tetap kondusif," tuturnya. 

Hikmat menambahkan, petugas Linmas yang memiliki jaringan sampai ke tingkat RT/RW, agar menjalankan fungsi intelejennya dengan baik.

"Jika di lapangan melihat ada potensi gangguan ketertiban umum, seperti konflik horizontal apalagi yang mengarah pada manivestasi kekerasan, agar segera melaporkan ke petugas Satpol PP, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), atau bila perlu dengan kepolisian," bebernya.

Ia menegaskan, respon cepat atau gercep ini perlu guna meredam konflik jika terjadi, maka dengan komunikasi dan koordinasi yang kuat antara petugas Satlinmas dan Satpol PP. Harapannya, bisa meminimalisir dampak negatif.

"Saya minta juga jangan sampai ada toleransi kepada para pelanggar Perda dan Perkada, terutama perihal perizinan baik itu izin berusaha, izin tinggal, atau izin bangunan," bebernya.

Menurutnya, petugas Satpol PP dan Satlinmas juga punya peran penting dalam mencegah tindak kejahatan, serta mendeteksi perbuatan yang melanggar norma adat serta agama. sekali lagi, agar tugas - tugas lapangan tadi dijalankan dengan baik.

"Agar mengedepankan pendekatan yang humanis apalagi ketika berhubungan langsung dengan masyarakat," ungkapnya.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT